Ujian Nasional? Penting gak sih?

Discussion in 'Pojok Mikir' started by Sheratan, 21 April 2012.

  1. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Nah berhubung UN untuk SMA sudah selesai dan UN untuk SMP menyusul, mari kita bahas tentang UN.

    Menurut kalian, UN itu penting gak sih? Kalau kata beberapa orang kan UN itu gak adil, melanggar HAM, blablabla yang intinya perjuangan 3 tahun bisa hilang dalam 3 hari padahal gak semua siswa itu pandai di mata pelajaran tertulis. Ada yang pandai dalam beberapa hal yang tidak tertulis seperti OR, games, dsb.

    Tapi...

    Ada yang bilang kalau UN itu penting agar dapat membuat siswa di Indonesia pada mau belajar. Tahu sendiri kan gimana budaya kita, SKS alias Sistem Kebut Semalam. Belum lagi upaya untuk menstandarisasi pendidikan di Indonesia dan blablablabla.

    Nah menurut kalian gimana?
     
  2. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    [align=justify]Menurut sayaah yang baru selesai mengalaminya , UN itu ... penting .
    Memang iya ditentukan dalam waktu 4 hari , tapi sistem sekarang yang jadi bahan kelulusan ga hanya UN , tapi juga nilai raport dan UAS . (meski UN-nya 60% sih)
    dari nilai raport dan UAS , berarti ga hanya diliat dari "hasil" tapi juga "proses" , soalnya guru sekolah ga hanya nilai dari ujian tapi juga dari kelakuan yang berpengaruh pada hasil siswa nantinya ~


    hana liat di berita sih ada negara yang lulusannya berpendidikan tinggi dan negara tsb kecil banget presentase korupsinya , sistem pendidikannya itu sekarang lagi diperhatikan oleh mata dunia . ternyata ~ di negara itu gaada sistem Ujian Nasional dsb tapi lebih membuat "sekolah itu menyenangkan dan belajar itu kebutuhan" . muridnya bebas ngambil mata pelajaran yang mereka sukai jadi emang dia bakal berkembang di mata pelajaran yang dia minati meski ada yang wajib juga sih kayak mata pelajaran bahasa negara tsb.
    tapi kalau di Indonesia tetep butuh ujian macam Ujian Nasional soalnya yah .. apa ya .. *bingung jelasinnya :haha:


    tapi UN bisa menjadi tidak penting jika soalnya malah bocor ._______________.
    saya yang kemarin mengalami UN sempet berfikir, "ini UN untuk apa sih klo ngebuat generasi mudanya jadi orang yang ga jujur"
    Jujur , saya kesel dan sedih banget liat di lapangannya langsung , banyak yang berfikir , "UN ga masalah lah ~ ada kunci ini . kira-kira bener 80% lah" ketika orang lain berusaha , belajar , dan mengerjakannya dengan jujur . UN SMA (tahun ini) ga menentukan ke PTN , yang kasian tuh SMP , orang yang udah rajin bisa kesalip sama yang pake kunci dan jadinya ga masuk ke SMA pilihan pertamanya :pukul:


    intinyaa ~
    UN penting , tapi jangan berlebih-lebihan , buat UN itu kayak ulangan biasalah yah ~ jangan jadi beban soalnya kadang ada yang mikir image UN itu "hiii ujian NASIONAL" karena faktor lingkungan atau media yang menggambarkan UN itu sesuatu yang .... begitulah~
    dan lagi harus ada kerjasama dari Dinas itu sendiri , Guru , Murid , dan semua pihak yang terkait agar gaada oknum-oknum yang membeberkan soal / kunci jawaban . Harus sadarlah yah oknum-oknum itu berarti menjerumuskan anak bangsa . Mereka lebih seneng nilainya gede2 tapi mentalnya memburuk apa ? :v

    *ini kenapa jadi hana kayak curhat sih >__>[/align]
     
  3. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    ini maksudnya apa :haha:

    =Subjektif=
    sebenernya ane ga punya hak bilang UN itu penting apa ngga, tapi saya sebagai pelajar yang so-so, IMO ya kalo bisa, emang ga usah ada aja :v #plak# Seharusnya dengan UAS atau nilai rapor selama 3 tahun aja udah cukup '~'

    =Objektif=
    ah well, sebenernya saya ga protes asal ga ada yang pake kunci jawaban. Jadi nilai apa adanya. Sekolah itu kan resiko sendiri. Namanya sekolah ya pasti ada ujian. UN kan cuma 2 kali seumur hidup. Bagi yang emang kurang bisa, berusaha tanpa butuh kunci jawaban sekali-kali ga apa-apa kan ._.


    lol iya, sebenernya emang sistem pendidikan di Indonesia kebanyakan mata pelajaran. SMA kelas X saya 17 mata pelajaran, XI jadi 14 ._. Guru saya pernah bilang kalo di luar negeri cuman berapa gitu ~_~
     
  4. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Maksudnya... gimana ya hmm...

    Dulu pas saya SMA saya punya temen yang klo soal pelajaran itu gak ada yang bener. Tapi kalau disuruh main catur, main games, main permainan apapun itu yang membutuhkan analisa cepat dia selalu bisa menang dan tamat dengan sempurna.

    Bisa dibilang dia punya bakat analisa... mungkin kalau masuk STSN, dia bisa jadi ahli kriptografi.

    Tapi itu semua susah karena... nilai dia itu rendah! Dan saat lulus, nilai UN dia itu ngepas jadi gak bisa masuk STSN, tempat yang ia sangat inginkan.

    Jadi?
     
  5. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    Klo aku malah ngerasa Rapot cuma jd penyemangat aja deh,,,,,, inget2 fakta aja,,,,,, meski raporx dpt nilai 9 atau 10 semua matpel, tp klo nilai UN di bawah 4,5 g lulus kan? :ckck: sami mawon

    Dulu kan pemerintah mw ngehilangin UN 2 tahun lalu,,, :teh: dah bahagia saya,,, ehh,,, banyak oknum yg protes apalagi swasta,,,,, ya mw gimana lagi UN bisa jadi ladang uang untuk pengajar sih :duka:

    Ugh,,, jd keinget pas saya baru balik sekolah dr malang mw skul ke surabaya ikut PSB Online langsung ciut lihat saingan Nemx tinggi2 37 ke atas,,, saya bego sih jd ma dpt Nem 32 klo g 34 lupa :haha: pokoknya habis di bagi 2,,,,, Kepikiran ternyata anak Surabaya pinter pinter ciut :gemetar: Alhasil tersingkir di sekolah pinggiran deh hahahahahaha,,, saya juga yg salah males ikut tes :haha: hahahahaha

    Pas saya jd pelajar saya g setuju ada UAN alasan "dredeg nyat LJB nya rusak g ke scan ato gimana"
    tp klo saya jd guru ngarep UN "Klo skul ini dpt nem tinggi biasanya bakalan populer banyak yg daftar"

    yah kebutuhan sesuai tempat,,,,,, tp klo saya pribadi g usah ajalah :bijak:
     
  6. deadrip13

    deadrip13 User

    16
    0
    21
    buat kakak-kakak yang udah selesai UN... aku doain moga-moga dapet lulus dengan nilai memuaskan yah.. :ok:
    dan.. yang mau perang besok... moga-moga gak ada halangan apapun yah... pokoknya SUKSES!!! :keren:

    back to topik!

    UN itu gimana yah...
    soalnya cara kerjanya enggak banget... sekolah 3 tahun, dan nasip cuma ditentukan 4 hari doang... :ckck:
    coba kalo semua pada sehat walafiat...
    kalo ada siswa yang apesnya lagi sakit berat ato halangan gimana... dua tahun selalu rank 1, habis UN langsung hancurlah itu nilai.. :bijak:

    kalo masalah UN jujur apa enggak sih tergantung kita sendiri sih...
    tapi memang ada beberapa yang memaksa harus jujur... sampe meksa lagi..
    [​IMG]

    apalagi dengan adanya INI... sebel banget!!!
    sini udah mati-matian dongkrak nilai... disono nilai bangus gara-gara modal sms... :beku
    [​IMG]
    ujung-ujungnya gini deh.. :ckck:
    [​IMG]
     
  7. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    ^ ahahaha makasih :kenyang:

    wkwkwkwkwkwk,,,,, HP situ itu? :merah: ck ck ck
    Gambar yg paling bawah G mungkin lah,,,,,,, kecuali seluruh murid indonesia Demo minta UN di ulang suka banget ujian

    tetap pada pendirian awal, saya g setuju ada UN...

    Keuntungan:
    --> memacu murid untuk belajar <diragukan>
    --> Membantu sekolah untuk promosi, Yah promosi sekolah biasanya
    Biasanya yg gini swasta, tanpa di jelasin kau tahu lah :ckck: kembali pada business orang dewasa
    --> mengetahui layak tidaknya murid lulus, <lulus dengan bukti palsu yg asli rapor tuh, tapi rapor juga di katrol ama sekolah :fiuh: susah cari inspirasi >

    Kerugian:
    --> Melatih Anak2 muda jadi Mafia, hahahaha,,, latihan jadi penyelundup, perhatikan aja dari bocorx sampe cara nyebarin sampe nge-rahasiain mirip jaringan narkoba :ok: keren hehe menurutku pribadi "Pihak Atas" juga ngerestuin persebaran "J" cuma biar g kelihatan belangx dibikin Obnum2 yg neges,,, berita anak2 ketangkep itu mah gara2 dia ape ketahuan ama Guru yang jujur "langka" jaman sekarang.
    --> Bikin dredeg alhasil malah salah kapra,,,, keringetan DLL
    --> dan jika dah kena "kejadian" dan g bs ikut UN GAME OVER
    --> ajang tawuran, <lo?> bisa, klo satu temen ketangkep, yg ditangkep serrr,,,, nyebar minyak yah Y u know :D
    --> Tebar Dosa, <ini jangan sampe deh, tp ada,,,,, mengorbankan apa saja untuk nilai> :gemetar: mending jualan jamu

     
  8. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    ^ iya bener ada keuntungan ama kekurangannya ._. Jika ada bocoran, lebih baik UN itu ga ada. Tapi lebih bagus lagi kalo UN itu tetep ada dengan ga adanya bocoran. Kira-kira begitu ._.

    @om min : itu... hmm. Balik lagi ke pernyataan objektif saya kalimat terakhir. >_>
    "You have to do the things you dont want to do, before you can do the things you truly want to do."
     
  9. kazu_haru

    kazu_haru Member

    63
    0
    0
    sebelumnya, Hotaru doain semoga kakak2 yang udah UN nilaiya pada bagus2 yah :ok:
    UN? penting dong! dengan adanya UN pemerintah bisa mengetahui bagaimana mutu pendidikan sekolah! agar nantinya di daerah2 yang siswa2nya banyak yg tidak lulus dapat diberikan bantuan.. :ok:
    miris juga ya tapi dengan cerita om sheratan tentang temennya itu. tapi kalo cuman dilihat dengan rapor, kan standar tiap sekolah beda beda ya, kalau sekolah maju mialnya nilai 8 itu udah beda kan sama anak dari sekolah biasa yang nilai 8?! jadi menurut Hotaru ga bisa dong pake rapor,

    iya setuju! rada kesel kalo ada orang yang nilainya tinggi gara2 nyontek,bocoran, dsb.

    denger di berita ada tuna netra yang ngerjain UN dengan soal sama kaya siswa umumnya bikin kasihan..... :duka: mana pemerintah ga nyediakan soal khusus pula.. jadi harus dibacain! bukannya makan waktu lama itu?? banyak ketidakadilan memang ya....
    :teh:
    fuh, tahun depan giliran Hotaru nih yang UN
     
  10. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    Gambatte Hotaru!!!!!! X"DDDDDD
     
  11. Flame-kun

    Flame-kun 大蛇武錬葬! Staff Member

    529
    257
    148
    Selama korupsi masih membudaya di Indonesia, gw mengutamakan kejujuran ketimbang UN itu sendiri. Why?

    Untuk apa 12 tahun belajar, kalau mengandalkan kunci jawaban untuk UN?
    Untuk apa 12 tahun belajar, kalau ujung2nya ngandelin bocoran?
    Untuk apa 12 tahun belajar, kalau ternyata pas pengawas lengah nanya-nanya temen?

    Yang penting itu koneksi bro :ckck:


    --------------------

    Okay, that's my invalid argument. Argumen yang gw anggap sengak sehingga walaupun intinya benar tapi cara penyampaiannya salah; makanya saya mark sebagai "INPALIT". Here is the valid one:

    UN, yang menjadi hantu bagi setiap murid SMA kelas 12 di Indonesia, sampai mereka menggunakan cara lain untuk menaklukannya yaitu menjadi vampir. Meminum darah para mayat yang sudah mati dalam perang sehingga mendapatkan kekuatan yang besar menggunakan kunci jawaban. Sayang sekali, padahal kunci jawaban itu belum tentu benar, walaupun belum tentu salah juga.

    Dua hal yang dibutuhkan disini.
    1. Percaya diri kalau kamu bisa lulus
    2. Kejujuran

    Kalau no.1 sudah ada, no.2 tentunya pasti dijalankan. Toh, kita udah yakin kalau diri kita lulus. Kita udah belajar dengan rajin, belajar siang malam, mengerjakan soal UN sepenuh hati, kemudian pulang itu main dota. Malamnya main PSP sampai dini hari karena baru dapet game God Eater: Burst. Pake tokoh cewek twintail dengan mini-skirt sambil nosebleed2 liat actionnya yang "wah" dan berhasil menaklukkan Arda Nova di pagi hari kemudian berangkat SNMPTN dan berdoa agar kita mendapatkan hasil yang terbaik.

    UN itu memang penting. Tapi kepercayaan diri untuk melalui hal itu lebih penting. Ingat, setelah UN, masih ada SNMPTN. Kalau kalian percaya diri dan sudah berusaha untuk melewatinya dengan giat belajar dan berdoa, maka kamu pasti mendapatkan yang terbaik.

    Tidak mendapat hasil yang diinginkan? Jangan sedih. Kegagalan adalah satu pintu untuk menuju kesuksesan lainnya. Ingat2 suara cewek/cowok di anime yang kamu suka meneriaki kamu "akiramenaide!" (jangan menyerah!). Ya! Jangan menyerah! Masih ada waktu dan kesempatan. Kan nggak pasti gagal lagi.

    Sedikit intermezzo dari saya
    UN MTK saya nilainya 5, tapi saya lulus :haha:
     
  12. darkro90

    darkro90 The Perfect and Elegant Maid

    353
    29
    68
    Baru kemarin UN SMP, rupanya sangat gampang, rugi saya sudah belajar 5 hari 5 malam 1 bulan 30 hari buat 4 hari yang terkutuk itu yang bernama UN, jauh lebih susah melawan Flandre di EoSD dengan tema lagu U.N. Owen Was Her? deh daripada mengerjakan kertas tidak jelas itu :ckck:

    Di mata pelajaran yang susah yang bernama MTK pun saya tidak kesusahan, buktinya dari 40 soal saya hanya ngasal
    40 soal...

    :teh:
     
  13. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    UN SMP emang gampang kok. UN SMA baru susah. :suram2:
     
  14. kazu_haru

    kazu_haru Member

    63
    0
    0
    iya adekku juga bilang gampang.. tiba ujian masuk sma katanya.... :jeger:
    tapi, tapi, ujian sma mengerikan banget ya om?? :fiuh:
     
  15. Odahviing

    Odahviing Member

    523
    22
    73
    Ketika kita bisa berbicara betapa tidak jujurnya dunia ini :teh:

    tetapi entah kenapa saya berpikir ketidak jujuran itu sudah bagian dari dunia ini :teh:

    entah pas SMA kalau tanpa ketidak jujuran yang telah mendarah daging di sistem negeri ini,sudah pasti saya tidak jadi seperti sekarang =____="

    kalau saya sih meski kita sekarang bisa dan tidak setuju dengan ketidak-jujuran yang ada,tetapi kalau posisi kita masih gk "level" mau begi-dimana?

    lebih baik kita meski menjalani hidup penuh kemunafikan ini meski dari tingkat yang paling kecil sekarang ini,kita gk boleh kebawa arus dan tetap menjadi apa adanya :teh:

    kejujuran itu tidak hanya dinilai dari "kejujuran itu sendiri"

    tetapi lebih ke bagaimana kita untuk tetap menjadi diri kita sendiri

    jujur itu sebenarnya bagian dari ketidak jujuran dan begitu juga sebaliknya

    jadi yang jujur tidak akan selamanya bisa berbuat jujur untuk mengedepankan dirinya sendiri,berbohong juga bisa sebagai seni untuk mendalami kejujuran menyelamatkan orang lain dengan menumbalkan diri kita sebagai kambing hitam :teh:

    tetapi intinya,jalani dan lihat situasi yang ada

    seni untuk menjadi orang bijak adalah,mengetahui apa yang akan mereka pertama kali cari,lihat dan lakukan pada saat itu dan nanti...

    *ngaco mode on AHAHIAHAIHAIHAIAHIAHAIHAIAHI

    make emot teh karena ngomongin soal beginian bikin haus
     
  16. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    nunut OOT bentar,,,, Kenapa tahun depan UN jadi di pake buat masuk PTN dan snmptn dihilangkan D"X,,,,,,,,,,,,, Sebel!!!!!!!!
     
  17. Odahviing

    Odahviing Member

    523
    22
    73
    tahun depan SNMPTN dihapus

    jelas bagian ini kayaknya bakal jadi role penting buat masuk universitas dan valuenya bakal jadi berkali-kali lipat lebih berharga dari UN sebelumnya
     
  18. Aisa

    Aisa Member

    67
    1
    0
    dengan dihapusnya SNMPTN berarti kita dipaksa untuk menganggap UN itu penting

    :teh:
     
  19. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    Yah,,,,,,,, Dan Para pengedar "Jacket" pun akan bahagia karena bisa naikin hargax,,,,,,, =__=
     
  20. Nakamina Kazuya

    Nakamina Kazuya A Foolish Avenger

    48
    4
    48
    Kepikiran sekarang udah kelas 3 sma udah deket ujian nasional, ada saran g kakak kakak sekalian biar nambah fokus sama bisa ngikuti anime desu ? :bingung:
     

Share This Page