Share The Witch's House

Discussion in 'PC-Console Games' started by Dejiko, 29 November 2013.

  1. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    kayaknya trit game ini belum ada ya? kalau gitu ane pengen buat berhubung ane baru-baru aja mainin ni game

    [​IMG]

    The Witch's House adalah game horor puzzle buatan Fummy yang dibuat menggunakan RPG Maker VX.

    Seorang gadis muda, Viola, mengunjungi rumah misterius di tengah hutan.
    Kemudian ia menyadari betapa berbahayanya dan harus mencari jalan keluar.
    Tetapi rumah itu selalu berubah, dan kematian dapat datang dari manapun...


    (Hati-hati karena beberapa unsur dalam game bisa jadi terkesan kejam)
    SS
    =Walkthrough=
    ============================================================================​

    =Hutan=
    - Aku baru saja mulai dan cuma bisa pergi ke 2 area. Kemana aku harus pergi?
    Periksa di sudut kiri hutan bawah. Ada jalan rahasia di sana. Ambil machete dan klik lagi untuk melihat bantuan mengenai ‘using item’ dan ‘movement’.

    Tips
    Ada 4 fungsi tombol dalam game. Yaitu check, cancel, show menu, dan dash. Tetapi kau cukup menggunakan tombol Z dan X saja karena Z sudah merangkup check dan dash sedangkan X merangkup cancel dan show menu. Cara ini lebih baik dan lebih mudah (karena ZX berdekatan) daripada kau menggunakan tombol Z, X, shift, 0, dan esc secara berkala sepanjang permainan.
    Di dalam game, item tidak digunakan secara otomatis(kecuali yang bertanda auto). Tetapi kau perlu mengaktifkannya ketika berinteraksi terhadap objek untuk memunculkan fungsinya. Ketika kau mendapatkan item, buka menu item dan baca dengan seksama informasi yang tertulis pada item tersebut. Beberapa informasi item akan membantumu mengetahui fungsi dari item tersebut yang berguna untuk melanjutkan perjalanan. Dan terkadang beberapa item bisa saja membunuhmu.
    Selalu baca tulisan yang muncul di dinding atau kertas yang tergeletak di tanah. Mereka akan selalu membantumu. Bahkan beberapa tulisan menjelaskan apa yang harus kau lakukan untuk membuka pintu yang terkunci. Walaupun ada beberapa tulisan yang tidak harus kau percaya (nanti saya beritahu).

    -Sekarang aku sudah mendapatkan ***. Harus kuapakan ini?
    Gunakan untuk memotong bunga-bunga di area atas. Machete itu tidak cukup kuat untuk memotong rimbunan bunga besar di hutan area bawah.

    =Lantai 1=
    -Ruangan langsung menyempit dan membunuhku.
    Jangan injak darahnya. Baca tulisan di dinding dan keluar. Ruangan akan langsung berubah.

    -Aku menemukan keranjang berisi boneka beruang disini. Apa maksudnya?
    Kau harus memasukan 1 lagu boneka beruang kecil untuk membuka ruangan di sebelah kiri. Cari boneka yang lainnya di ruangan sudut atas. Kau bisa mendapatkan boneka beruang di tumpukan hadiah di sudut kanan bawah. Di sudut kanan atas terdapat lemari yang bertuliskan “bukalah ketika rumah kembali normal” dan kau hanya bisa membacanya sekali. Lemari ini merupakan event penting jika kau ingin mendapatkan salah satu ending nanti.

    -Aku sudah menemukan ***. Tapi tidak bisa kumasukan ke dalam keranjang.
    Ukurannya terlalu besar. Kau harus memotongnya terlebih dahulu. Cari gunting di ruangan sebelah kiri.

    -Ada *** di ruangan ini tapi tidak bisa kuambil karena di rantai. Bagaimana cara melepaskan rantainya?
    Kau tidak perlu membawanya pergi. Gunakan saja di tempat itu. Ingat bagaimana cara menggunakan item?
    Ketika berdiri di depan gunting, buka menu item dan pilih teddy bear. Nanti akan muncul pilihan untuk memotong anggota tubuhnya. Setelah itu kau akan medapat batang tubuh teddy bear.

    -Ada *** di ruangan tengah. Bagaimana cara menghindarinya?
    Segera lari kebelakang (alias ke ruangan sebelah kanan). Jika kau telah berhasil lolos, monster beruang itu tidak akan muncul lagi walaupun kau kembali ke ruangan tadi. Tetapi saya pribadi bisa mengoceknya dan langsung pergi ke ruangan sebelah kiri supaya tidak makan banyak waktu. (Maklum, TS-nya ngejer secret event alias pseudo-third ending.)

    Jika kau berjalan lurus, maka akan muncul event vas bunga pecah. Jika kau jadikan itu sebagai patokan, maka 2 langkah kedepan akan memicu munculnya monster beruang. Jadi triknya jalan lurus ke kiri 2 kali hitungan, kemudian tahan tombol Z dan arah kanan bersamaan untuk membuatnya berlari ke ruangan kanan.

    Setelah maju 2 langkah dan membuat monsternya muncul, mundur sekali lalu berjalan ke bawah 2 kali untuk memancingnya menuju bawah. Jika ia sudah sejajar denganmu, berlarilah ke atas 2 langkah dan gapai pintu kiri secepat mungkin. Intinya adalah timing. Jika terlalu lambat atau terlalu cepat, maka kau bisa tertangkap. Ketika memancing ke bawah, kau bisa lakukan tanpa berlari tetapi untuk menghindari dan menuju pintu kiri, lakukan dengan gesit.

    -Aku masuk ke dalam ruang makan. Apa yang sebaiknya kulakukan?
    Kau datang dari pojok kiri bawah. Ada pintu ruangan di pintu pojok kanan atas. Tapi sebelum itu, baca terlebih dahulu kertas yang ada di atas meja yang bertuliskan “TASTE POISON”. Hal ini penting walaupun kau mengejar secret event aka pseudo-third ending karena kau tidak bisa memunculkan event pada sup racun jika belum membaca tulisan itu.

    -Kelihatannya koki itu sibuk. Haruskah kutawarkan bantuan (lend a hand)?
    Menurut saya ini permainan kata-kata yang sangat menarik. Ketika kau berbicara padanya, ia nampak sibuk lalu muncul pilihan untuk menawarkan bantuan (lend a hand). Tetapi yang terjadi adalah ia memotong tanganmu karena ia pikir kau bersedia meminjami tangan (lend a hand). Ya, koki itu membutuhkan tangan (hand). Tapi jangan pinjamkan (lend) tanganmu. Berikan tangan teddy bear yang kau temukan di ruang gunting.

    -*** tidak dapat digunakan untuk membuka pintu ruangan dapur.
    Bukan itu fungsinya. Jika kau membaca buku ‘tata makan malam para bangsawan’ (Dining of Aristocrats) yang ada di dapur, maka kau akan sadar kalau perak berubah warna jika bersentuhan dengan racun. Jadi kau tahu apa artinya?
    Letakan silver key ke dalam sup racun dan pintu akan terbuka.

    =Lantai 2=
    -Baiklah aku sudah sampai di lantai 2. Jadi ada apa disini?
    Ada 3 ruangan yang bisa kau masuki di lantai ini ditambah 1 jalan menuju lantai berikutnya. Di pintu atas pertama ada ruangan gentong. Di pintu atas kedua merupakan ruangan perpustakaan. Lalu di pintu bawah adalah ruang musium.

    -Aku baru masuk ke ruang *** namun ketika aku keluar tiba-tiba pintu terkunci. Kemudian muncul *** yang langsung ***ku.
    Jangan kau ambil kupu-kupu di ruangan gentong itu. Kau akan melakukannya nanti. Jika kau sudah berada di ruangan ini, ambil tali yang berada di dalam gentong berlumut. Gentong itu satu-satunya yang berwarna agak kehijauan. Letaknya nomer 2 dari 4 gentong yang merapat di dinding sebelah kanan.

    -Aku sudah menemukan *** di dalam ***. Harus kuapakan item *** ini?
    Berikan kepada manusia transparan di ruang perpustakaan dan kau akan mendapatkan book of death.

    -Untuk apa item *** ini? Apa yang terjadi jika kubaca?
    Walaupun tersirat, tetapi penjelasan dari information di menu mengenai book of death cukup jelas. Membaca isi bukunya akan membunuhmu (tepatnya membuat kau menggaruk-garuk matamu sendiri hingga rusak dan berdarah). Pergilah ke ruang musium. Di ujung ruangan ada sebuah lemari buku. Letakan book of death di sana dan hati-hati untuk tidak membacanya.

    -Oh tidak! Ada *** mengejarku. Bagaimana cara mengatasinya?
    Kau harus menghindarinya. Pancing dia di sekitar lemari lalu kau bisa berlari ke luar ruangan.

    Setelah mencapai ujung tikungan, melangkah ke atas 3 kali akan memicu munculnya monster kepala itu. Jadikan itu patokan untukmu agar segera berlari ke tempat lemari. Berdiri di ujung atas kanan dan tunggulah hingga monster berada di bawahmu. Setelah itu berlarilah ke kiri dan pergi keluar ruangan. Disini timing juga penting karena jika kau terlalu cepat berlari ke kiri, dia bisa saja berbelok ke atas dan menyerangmu dari depan. Pastikan ia selalu mengikutimu dari belakangmu.

    [​IMG]

    -Bagaimana cara menyelamatkan *** di ruangan ***?
    Ambil kupu-kupu mainan di dalam musium. Tukarkan dengan kupu-kupu yang ada di ruangan gentong tersebut.

    =Lantai 3=
    -Bagaimana cara menghindari *** di lorong?
    Ada 4 pisau yang ditembakan di lorong. Pisau pertama ditembakan di tengah dan berasal dari depanmu. 3 pisau lainnya akan ditembakan dari belakang. Triknya cukup mudah. 1 langkah pertama akan memicu datangnya pisau pertama. Berjalanlah ke sisi kiri. Kemudian ketika muncul 3 pisau lainnya, kembalilah berjalan ke tengah setelah pisau tengah melewatimu. Lorong ini cuma muncul sementara dan jika kau mencapai sisi lainnya, lorong ini akan menghilang.

    -Ada tuas di ujung jembatan tipis.
    Melangkahinya akan membuatmu terjatuh dan mati. Suruh katak untuk melakukannya.

    -Aku sampai di ruangan selanjutnya. Tapi aku tidak mengerti apa yang harus kulakukan.
    Jika kau sadar dan melihat dari tengah ruangan, maka kau akan tahu bahwa sisi kiri dan kanan berbentuk simetris. Ada yang pernah nonton supertrap :D ? buat lukisan, rak, katak, kue, pot tanaman, dan vas bunga nampak mirip. Setelah itu robek catatan yang ada di dinding untuk menyelesaikannya

    Letakan katak di kursi> ambil kue dari lemari>klik rearrange pada rak 2 kali> klik push lukisan (kanan) sekali> dorong pot tanaman dari kiri ke kanan sekali> ambil bunga> dorong lagi pot ke kanan sekali> letakan kue> dorong pot ke ruang sebelah kanan hingga berada 1 petak dari samping pot satunya> letakan bunga dalam vas> robek catatan (lihat gambar agar lebih jelas)

    [​IMG]
    [​IMG]

    -Kenapa tiba-tiba aku berada di ruangan sempit setelah melewati lorong ***?
    Jangan menekan tombol arah apapun di lorong gangguan (distraction) kecuali bawah. Bahkan kembali ke atas akan membunuhmu. Lorong ini juga bersifat sementara

    -Ada apa dibalik pintu?
    Ada monster. Jika kau buka pintunya maka monster itu akan memakanmu. Klik pintunya sekali untuk memunculkan pilihan. Klik lagi dan pilih “look at door”. Setelah kau sadar ada jendela di sana, gunakan katak sebagai umpan makanan monster itu. Dengan begitu si monster akan pergi.

    =Lantai 4=
    -Dari ketiga jalan itu, mana yang benar?
    Tidak ada. Terdapat jalan rahasia yang tertutup diantara mulut-mulut itu. Bisakah kau menebaknya? (clue: mata satu)
    Ditengah-tengah mulut kedua dan ketiga terdapat jalan rahasia.

    -Bagaimana cara membuat bunyi di keempat ruangan?
    Mainkan kotak musik, mainkan piano, pukul labu yang menghasilkan suara keras, dan buat jam berbunyi.

    Kau bisa mulai dari manapun. Tetapi saya biasa memulai dari ruang sebelah kanan karena disini kau bisa mendapatkan 2 benda sekaligus (sheet music dan queen key). Kemudian lanjut ke ruang sebelah kiri, lalu piano, dan terakhir kembali ke ruang jam.

    -Apa maksud tulisan “BLUE EYES SEE THE SCORE”?
    Setiap lukisan melihat lurus ke arah dinding. Tetapi hanya yang bermata biru yang melihat angkanya.

    -Yang mana yang bermata biru?
    Kau akan mengetahuinya setelah membaca buku “Pelajaran Mata” (eye studies). Jika rambut perak memiliki mata warna merah, dan yang bermata coklat adalah wanita rambut pirang dan merah, berarti yang bermata biru adalah wanita yang rambutnya warna?
    Hitam

    -***mengejarku setelah aku mendapatkan ***. Pintu terkunci dan aku tidak bisa keluar.
    Hancurkan lukisan tempat ia berasal.

    -Ada banyak *** di ruangan ini. Apa gunanya?
    Diantara labu-labu tersebut, ada satu labu yang bisa menghasilkan suara keras. Pukul sebanyak 4 kali dan pintu akan terbuka plus salah satu lilin akan menyala.

    -Apa jawaban dari teka-teki itu?
    Matahari = jam matahari. Pasir = jam pasir. Burung = jam burung

    -Apa maksud dari angka 12 di ruangan ***?
    Tahukah kamu simbol dari angka 12 dalam permainan kartu?
    Queen Key

    -Aku telah meletakan *** dan memainkan pianonya. Tetapi ia tetap membunuhku.
    YOU NEED NOT PLAY (kau tidak perlu memainkannya)

    -Bagaimana cara membuat jam berbunyi?
    Gunakan kunci raja untuk menyalakannya. Tetapi kau harus menggunakan kursi untuk mencapai bagian atas jam.

    -Aku kembali ke ruangan bawah dan semuanya nampak lebih gelap. Apa yang harus kulakukan di sini?
    Di sini kau harus mencari cincin milik patung wanita. Letaknya ada di dalam panci yang airnya sedang di masak. Kau perlu sesuatu untuk mengambilnya.
    Cari sumpit emas di ruang tengkorak. Kembali ke dapur dan pastikan api telah mati dan tutup panci terbuka. Lalu ambil cincin di dalamnya.

    -Pintunya terkunci...
    Kembali ke atas dan kau akan melihat catatan yang bertuliskan “RETURN THINGS TO WHERE THEY WERE”. Maka kembalikan sumpit tadi di tempat asalnya. Ingatkah kau dimana kau menemukannya?
    Ribs (tulang rusuk)

    -Oh, aku mendengar suara dari balik pintu.
    Cepat kembali ke dalam perapian sebelum manusia transparan yang membawa pisau membunuhmu (waktumu 5 detik).

    =Lantai 5=
    -Apa yang harus dilakukan di ruang ***?
    Cocokan tiap warna boneka dengan mejanya.

    [​IMG]

    -Ada apa di ruangan ini?
    Jika kau berada di ruang tengah. Maka ada sebuah bunga putih dan pohon besar di belakangnya. Di sebelah kiri terdapat semacam ruangan kamar. 4 buah tanaman kuning sedang berbincang. Di sebelah kanan terdapat ruang semacam penjara bawah tanah. Ada buku berjudul “The Talktive Plants” alias “Tanaman yang berbicara”. Baca dan pahami buku ini dan kau akan mendapatkan banyak petunjuk jika kau sadar. Di sana juga ada 2 pintu sel, sangkar burung, dan tanaman merah yang saling berbisik. Tujuanmu adalah melewati ruangan yang ada di atas. Tetapi kau harus melakukan sesuatu dulu sebelum itu.

    -Apa yang pertama kulakukan?
    Pergi ke ruangan kiri dan bicara pada tanaman kuning yang duduk di paling bawah. Ia akan memberimu serbuk milik mereka jika kau berhasil meng-X (cross) bunga putih.

    -Aku terbunuh ketika meng-X ***.
    Kau harus menemukan caranya. Bicara pada tanaman merah untuk mengetahui cara yang benar untuk meng-X tanaman. Walaupun mereka malah akan memberimu teka-teki karena mereka selalu berbohong.

    -Apa cara yang benar untuk meng-X tanaman?
    Begini penjelasannya. Kita kumpulkan ketiga fakta yang diucapkan tanaman merah
    *None of the three ways to X are proper
    *It was either Cutting it up or Uprooting it
    *Uprooting and Plucking are both proper ways to X
    Kita harus membuat sebuah kesimpulan yang menjadikan fakta diatas bohong. Jika ia berkata tidak ada cara yang benar. Itu artinya ada cara yang benar untuk meng-X. Jika ia berkata memotong atau menumbangkan adalah cara yang benar, maka artinya fakta tersebut bernilai salah jika cara yang benar bukan memotong dan juga bukan menumbangkan. Jika ia berkata menumbangkan dan memetik adalah cara yang benar, maka artinya fakta tersebut bernilai salah jika salah satu cara antara menumbangkan dan memetik salah atau keduanya salah. Jika hanya salah satu cara yang salah, maka cara yang satunya pasti benar. Berarti jawabannya...
    Memetik (plucking)

    -Bagaimana cara membuka sangkar burung?
    Setelah kau memberi white powder (serbuk putih) kepada tahanan sakit di dalam sel, ia sadar bahwa ia tidak bisa memakan obatnya tanpa sebuah benda. Ia pun mengamuk dan membuat sangkar burung terjatuh ke tanah. Di situ kau bisa membuka sangkar burungnya. Dengan begitu semua jalan yang tertutup tanaman hijau akan terbuka

    -Apa yang dilakukan di ruang racun?
    Kamu bisa membaca buku berjudul “The Skull Soldier”. Kau bisa mengambil botol di sudut kanan atas ruangan. Lalu kau juga harus mencari tengkorak yang tersembunyi di dalam lemari atau gentong (letaknya selalu berubah). Kau tidak bisa berada di dalam ruangan ini lebih dari 15 detik karena kau akan mati. Menginjak koridor beracun juga langsung membuatmu mati.

    -Dimana aku dapat menemukan tengkorak?
    1. Di atas kursi setelah berbicara dengan tanaman merah
    2. Di bawah meja kecil di ujung ruangan sebelah kiri
    3. Di dalam lemari atau gentong di ruang beracun
    4. di dalam guci di ruangan yang menuju susunan tengkorak

    -Apa urutan yang tepat untuk menyusun kepala tengkorak?
    Jika kau membaca buku prajurit tengkorak, kau akan sadar mereka berbaris dengan urutan depan, kanan, kiri dimulai dari tengah dan memutar keluar. Setelah susunannya benar, tarik tuas dan kau akan mendengar suara aliran air
    [​IMG]

    Kanan atas: depan
    Kiri atas: depan
    Kiri bawah: kiri
    Kanan bawah: kanan

    -Sebuah *** mengejarku!
    Ini tips. Setelah kau berjalan dan guci pecah, maka satu langkah berikutnya akan memicu datangnya monster tengkorak. Jadikan itu patokan untukmu lari kebelakang. Tetapi kau masih belum bisa santai. Terus berlari dan putari ruang tengkorak. Kurasa itu mudah. Lalu lari lagi dari ruang guci keluar. setelah itu baru kau bisa aman. Jika kau kembali ke ruang tadi, tengkorak itu akan muncul dan mengejarmu. Kau masih sempat untuk kembali tapi sekarang kau tidak bisa pergi ke ruang tengkorak lagi.

    -Apa yang dilakukan di ruangan gelap?
    Di ruangan gelap, kau harus mencari Jade Pipe. Walaupun ada banyak hal yang bisa membuatmu kaget di ruangan ini, tetapi hanya 1 hal yang bisa membunuhmu. Yaitu mengambil item yang ada di bawah meja. Jelajahi ruangan dan cari Jade Pipe di dalam lemari yang letaknya cukup jauh.

    -Oh, tidak. Aku menjatuhkan ***ku.
    Ruangan menjadi gelap tapi kau tidak perlu khawatir. Tetaplah berjalan lurus ke atas dan kau akan kembali.

    -Untuk apa *** merah ini?
    Jika kau menggunakannya maka kau akan mati. Kau tidak bisa membiarkannya berdarah. Basuhlah di ruangan air. Di sinilah tulisan di dinding menipu. Mungkin karena mereka ditulis dengan tinta merah. Jika kau membaca tulisan “LET THEM BLEED” lalu keluar dan masuk lagi, darah akan muncul di atas kertas dan membuat tulisannya berwarna merah. “LET THEM BLEED” dan “WON’T YOU WEAR THE SHOES?” mengarahkanmu kepada kematian.

    -Oh, tidak. Dia lagi!
    Ini cukup mudah. Ketika kau berjalan dan kursi disebelahmu bergerak, maka satu langkah kebawah akan memicu kehadirannya. Lari saja lurus ke atas dengan cepat sampai ruangan air atau bisa juga berbelok ke ruangan yang menuju ruang tengkorak.

    -Aku kesulitan untuk menyelamatkan diri dari kejaran para ***.
    Ini triknya. Ambil kepala boneka dari arah bawah. Dengan begitu kau bisa mencapai pintu keluar lebih cepat.

    -Apa gunanya kepala *** ini?
    Kau harus menggabungkannya dengan tubuhnya. Letak tubuhnya berada di sebelah kanan ruangan racun.

    -Seluruh ruangan menjadi merah. Apa yang harus kulakukan setelah ini?
    Kembali ke ruangan boneka. Jika kau memiliki boneka ungu, letakan itu di atas meja ungu. Jalan akan terbuka di bawah meja boneka merah.

    -Aku kesulitan untuk lari dari kejaran ***
    Kau harus banyak berlatih untuk benar-benar dapat kabur dari kejaran legless girl.

    Ketika berada di ruang kecil yang menghubungkan ruang makan dan ruang pintu keluar, berjalanlah menyerong sehingga kau tidak akan terganggu dengan lantai rusak yang muncul di tengah. Hal ini bahkan dapat kau lakukan tanpa berlari dan takkan tertangkap.
    Lalu untuk mengambil Ellen’s knife tanpa tertangkap, mulailah berlari menuju bawah dan biarkan ia juga mengikutimu ke bawah. Setelah itu ambil pisau di dalam kabinet dan berlari ke kiri menuju pintu keluar.

    [​IMG]

    -Sampai di luar apa yang harus kulakukan?
    Pergi ke bawah menuju rimbunan bunga besar. Berikan Cute Little Bottle dan bunga itu akan menghilang. Tetaplah berjalan lurus dan nikmati akhir ceritanya.
     
    Last edited: 1 December 2013
  2. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    =ENDING=
    (mengandung spoiler)
    ==========================================================================
    Ada 2 ending dalam cerita yang bisa kau dapatkan tergantung bagaimana caramu keluar dari rumah
    Normal ending: langsung keluar tanpa mengambil pisau Ellen
    True ending: keluar setelah mengambil pisau Ellen

    Perbedaannya hanyalah jika kau keluar tanpa mengambil pisau, di hutan kau akan langsung bertemu ayahmu. Di belakang legless girl masih mengikuti. Ayahmu menembaknya 2 kali dan kalian meninggalkannya setelah mayatnya menghilang. Tetapi jika kau mengambil pisau, legless girl akan langsung mendapatkanmu sebelum kau bertemu dengan ayahmu. Namun bukannya lari, Viola langsung menusuk mata kanan Ellen. Kemudian Viola akan berbicara mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Bagaimana Ellen menipu Viola dengan berkata akan meminjam tubuhnya sehari tetapi tidak ia kembalikan hingga sekarang. Kau akan sadar bahwa selama ini Ellen ada di tubuh Viola sedangkan gadis pincang itu adalah Viola yang berada di tubuh Ellen. Kemudian ayah datang. Si ayah yang tidak tahu bahwa putrinya ada di dalam tubuh Ellen yang tak berkaki menembaknya 2 kali dan kemudian mereka meninggalkannya. Ellen yang ada di tubuh Viola tertawa sebentar lalu berjalan pergi.
    Normal Ending
    [​IMG]

    True Ending
    [​IMG]

    Lalu ada yang disebut ending ketiga atau pseudo-third ending. Menurut saya hal ini bukan ending. Lebih tepat seperti secret event karena event ini hanya mempengaruhi tengah cerita tapi tidak berpengaruh pada akhir cerita (baik itu normal maupun true). Cara mendapatkannya adalah selesaikan permainan tanpa berbicara dengan Black Cat atau tanpa save sama sekali. Walaupun kau tidak menyimpan permainan tetapi jika berbicara dengan Black Cat, maka itu tetap dihitung. Hal ini akan membuktikan bahwa kau tidak membutuhkan bantuannya untuk selamat di dalam rumahmu sendiri. Sebenarnya tidak harus sampai selesai. Minimal sampai menuju depan kamar Ellen. Di sana, jika yang biasanya kalian lihat corpse cat akan menjadi black cat yang masih hidup. Ia akan menjelaskan sebuah kebenaran tentang apa yang terjadi dan menyebutmu Penyihir Kebanggannya. Selain itu isi diari juga akan sedikit berubah. Setelah mendapatkan event ini, tidak akan ada yang berubah meski kau pergi dengan normal ending atau true ending sekalipun.

    Dalam versi 1.07, ada ending tambahan yang disebut “----“ ending. Untuk mendapatkannya, kau harus menunggu di posisi awal selama 1 jam tanpa bergerak sama sekali. Di 10 menit awal kucing akan berubah posisi. Setelah menit 50 kucing akan menghilang. Dan setelah 1 jam kau akan berpindah tempat menuju hutan bawah. Di sana kau melihat bunga-bunga yang menghalangi jalan menghilang. Setelah semua bunga hilang, jalan lurus menuju hutan dan setelah itu semuanya berakhir.
    menit ke 10 (kucing duduk)
    [​IMG]

    menit ke 50 (kucing menghilang)
    [​IMG]
    Jika ingin mendapatkannya, pastikan menunggu selama 1 jam dengan window game terus aktif

    Menurut saya ending ini memiliki penjelasan sendiri. Kenapa harus menunggu selama 1 jam? Dan kenapa setelah itu bunga-bunga menghilang? Jawabannya karena tubuh Ellen (yang tubuhnya berisi Viola) sudah tidak dapat bertahan lebih lama lagi. 1 jam kemudian ia mati dan semua bunganya layu.

    Did you know?
    (mengandung spoiler)
    ==========================================================================
    Terdapat buku diari penyihir (witch’s diary) di berbagai tempat. Event ini tidak berdampak besar terhadap cerita namun beberapa diari jika dibaca akan berpengaruh terhadap buku-buku di perpustakaan lantai 2 yang bertambah banyak. Totalnya ada 6 buku The Witch's House yang bisa kau baca.

    Mengenai perpustakaan, pada awalnya ada 4 buku yang bisa kau baca. Yaitu witch’s house 1, witch’s house 2, funny story, dan sebuah catatan kasus dari polisi. Tetapi seiring kau berjalan cukup jauh dan telah membaca berbagai diari di berbagai tempat, kau akan sadar bahwa buku di perpustakaan akan bertambah. Buku berjudul witch’s house memberi cukup petunjuk untukmu. Seperti yang tertulis di buku 1, "Kunci tidak membuka pintu. Tetapi hal lain harus bekerja sebagai kunci". Memang benar, kau tidak menggunakan kunci untuk membuka pintu. Tetapi kau mengikuti perintah yang ditulis oleh kertas atau catatan yang ada. Seperti di awal yaitu “BEARS IN THE BASKET”. Itu artinya kau harus memasukan lebih dari 1 beruang ke dalam keranjang. Lalu “TASTE POISON” atau rasakan racun. Jika kau meminum racunnya, pintu akan terbuka walaupun setelah itu kau mati keracunan. Di lantai 2 kunci untuk membuka pintu adalah “SAVE THE BUTTERFLY”. Dan seterusnya. Lalu di buku 2 tertulis, wujud rumah berubah berdasarkan kekuatan sihir dari penyihir. Sebenarnya buku ini menjelaskan kalau semakin banyak progres yang kau buat sepanjang perjalanan, maka akan semakin banyak sesuatu berubah di dalam rumah. Salah satu contoh yang cukup jelas adalah ketika kau sudah berhasil menyelamatkan kupu-kupu, maka manusia transparan di perpustakaan akan menggantung dirinya sendiri dengan tali yang kau berikan.

    Jika kau sadar, tulisan yang seharusnya “BLUE EYES SEE THE SCORE” akan berubah menjadi “DESTROY THE PAINTING” ketika sang lukisan muncul.

    Di ruang kotak musik, terdapat perbedaan suara musik antara jika kau memainkannya tanpa kunci, dengan kunci ratu, dan dengan kunci raja. Kau bisa mencoba semuanya satu-satu jika mau tapi hanya satu lagu yang bisa membuatmu keluar hidup-hidup.

    Setelah kau menjadikan katak umpan monster, kembalilah ke tempat dimana kau menemukan katak itu. Airnya akan mengering dan menjadi jurang tanpa dasar. Jika kau membaca kertas berwarna hitam, maka tangan besar akan menangkap dan membunuhmu.
    [​IMG]

    Walaupun tanaman merah awalanya berkata uproot (menumbang), pluck (memetik), dan cut (memotong), tetapi ketika kau berbicara pada bunga putih pilihan yang muncul adalah uproot, pluck, dan tear up (merobek). Sebenarnya cuma kesalahan sedikit sih.

    Ada kejutan jika kau mengklik X di ruang gelap saat kau menjatuhkan glowing bottle dan melihat profil charactermu berubah. Hal yang sama terjadi jika kau mengambil Wristband di bawah meja di ruangan tersebut.

    Jika kau memainkan seperti biasa dan menyimpan permainan di Witch’s Room (ruangan terakhir) maka tulisan Witch’s Rroom yang akan muncul. Tetapi jika kau membuka secret event (melakukan permainan tanpa berbicara pada Black Cat), Black Cat akan memberitahu bahwa sebenarnya kau adalah Ellen. Dengan begitu tempatnya berubah menjadi My Room (lihat File 4). Selain itu mulutnya nampak lebih tersenyum.
    [​IMG]

    Ada cara dimana kau bisa membuat buku yang seharusnya berjudul Funny Story menjadi buku yang menceritakan tentang Ellen. Yaitu dapatkan true ending tanpa menyimpan permainan di Witch’s House alias bukan ketika dikejar. Salah satu cara yaitu menyimpan permainan pada kucing yang ada di lantai 5 ketika ruangan menjadi merah. Setelah mendapatkan true ending dan muncul di start menu, load kembali file terakhir yang kau mainkan. Kemudian pergi ke perpustakaan dan baca buku dimana Funny Story berada.
    [​IMG]
     
    Last edited: 1 December 2013
  3. Tamura

    Tamura Member

    367
    34
    93
    The best twist ever
     
  4. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    fiuh~ akhirnya selesai juga.
    dari blog vgperson yang ane baca, katanya kita bisa bergerak bebas di ruang distraction selama nggak baca tandanya. terus disitu kita bisa ngesave gratis untuk mendapatkan secret event tanpa save. tapi ane coba berapa kalipun tetap gak bisa.

    terus ada juga pintu yang minta kode kunci kan? di versi 1.07 itu dihilangkan dan kebetulan ne mainnya versi 1.07. makanya nggak ane tambahin keterangannya diatas :)
     
  5. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    pseudo ending ya? ga ngefek apa2 sih.... dan emang susah banget ini main tanpa save.... dan ane juga DL yg lama ma baru... ga ngefek wakakakak...
     
  6. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    kalau sudah paham seluk beluk gamenya gampang kok. :D
     
  7. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    seluk beluk gimana? =)))) ngomong2 pseudo End itu ane yg susah dan sering mati pas di kejar tengkorak di roof sama pas di kejar bola mata =)))) susah deh....
     
    s4skiazh likes this.
  8. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    baca walkthrough ane diatas. ane ngasih sedikit trik untuk meloloskan diri dari 5 kejaran dalam game. tengkorak lantai 2, tengkorak lantai 5 (2 kali), bola mata, sama legless girl.

    memang tengkorak mana yang sulit?? 1 atau 2?
     
  9. 4_ka_[5h1]+ya+

    4_ka_[5h1]+ya+ Staff Member

    612
    88
    103
    Yg ke 2.... yg kursinya gerak... Ga bisa gan... balik ke ruangan yg sebelumx ada tengkorakx malah kemakan 2 tengkorak.... yg ada airnya juga tengkorakx msh bs nembus....

    Legless girl msh gampang IMO...
     
  10. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    loh? ane langsung hilang lho. sumpah. mungkin situ main yg versi 1.06. ane gak tau apa2 selain yang versi 1.07

    tapi awal2 ane juga mutarin kursi kok. kalau mutarin kursi timing nya emang lebih sulit tapi ane masih bisa. coba pas kursinya gerak, turun sekali tanpa lari, naik sekali tanpa lari, lari ke kanan, tunggu bentar, lari kebawah, lari ke kiri. kalo dia muter lewat atas berarti selamat. kalo dia putar balik ngikut turun kebawah berarti mati :p
     

Share This Page