Diskusi Soal UN Tahun 2013 Akan Ditambah Hingga 30 Paket

Discussion in 'Pojok Mikir' started by Tsuki no Hikari, 22 March 2013.

  1. Tsuki no Hikari

    Tsuki no Hikari Member

    103
    16
    76
    Demi mencegah tindak kecurangan dalam pelaksanaan UN di Indonesia, pemerintah telah mencoba menerapkan berbagai cara, termasuk diantaranya dengan menambah paket soal dari tahun ke tahun.
    Tetapi tahun ini, jumlah paket soal yang akan ditambah naik drastis, yaitu hingga 30 paket.

    Bagaimana pendapat kalian?
    Apa kalian mendukung? Atau tidak?

    Yang sebentar lagi akan menghadapi UN, bagaimana perasaan kalian?
    Was-was? Merasa hal ini tidak adil?

    Sumber : http://koran-jakarta.com/index.php/detail/view01/112457
     
  2. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Karena saya sudah bukan pelajar lagi, maka saya dukung-dukung aja demi mencegah kecurangan. :cool:
     
  3. Otamega

    Otamega Member

    81
    6
    18
    hmm di SMK juga ada isu kalau SMK UN kelas 2 lol :3
     
  4. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Wkwkwkwkwk...
    Ane setuju dengan om Sheratan. Sekalian ngajarin disiplin ke siswa! :eek:
     
  5. Flame-kun

    Flame-kun 大蛇武錬葬! Staff Member

    529
    257
    148
    Koa koa koa...

    ya sama lah ma admin ini, karena sudah bukan pelajar maka ya dukung-dukung ajah biar nggak ada kecurangan...
    ---------------------------------------------------------------
    Abis, demi mendapat nilai siswa diajari cara berbuat curang di sekolah secara tak langsung. Pengetahuan tanpa moral itu-
     
  6. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    no problem at all. toh yang dihadepin 50 soal-50 soal juga, kalo 40 ya 40, ga lebih. malah saya senang :D sakit ati doeloe ga masuk sma pilihan pertama ane karena yg masuk itu yg pake bocoran. Sekarang UN memengaruhi SNMPTN undangan juga. Jadi wajar
     
  7. Arte

    Arte Staff Member

    644
    450
    168
    Pada dasarnya juga nggak terlalu ngaruh, yg bener-bener ngaruh itu pas disaat kuliah atau collegenya...
    Yah tergantung jurusan yg diambil juga sih...

    Tapi menurut gw pribadi UN mah cuma formalitas...
     
  8. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    Mau berapa paketpun biasanya tetep aja ada "orang-orang dalem" yang membocorkannya.

    Yah.. semoga deh sekarang kan sistemnya udah beda, semoga aja ngaruh .. cape jadi pelajar tuh pas ujiannya, cape hati. lol
    Miris itu ketika, mayoritas mencari bocoran/kunci jawaban atau segala kecurangan lainnya sebelum dan pada saat hari H ujian.

    :teh:
     
  9. rolineonme

    rolineonme Member

    30
    0
    16
    setuju banget. soalnya pas un smp aja temen samping aku nyontek gampang banget.. dia beli kunci gitu.. yah, kalo aku sih sbg siswi sma setuju ngga setuju. kalo misalnya ada yang paketnya sama kan lebih tenang, jadi merasa ada temen sepenanggungan gitu..
     
  10. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    iya kunci mah pasti bocor, tapi karena 30 paket (denger2 10 nya cadangan yak) itu sesuatu bgt mau ngapalin/nulis kayak apaan lol
     
  11. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    hum .. di zamanku, dengan kita tahu tempat duduk, kita tahu dapet paket berapa (gatau deh tau darimana, aku ga ikut2an yang ginian sih). dan zamanku ini baru 1 tahun yang lalu jadi yah... semoga deh semoga haha.
     
  12. ArisaNarukami

    ArisaNarukami Member

    281
    35
    63
    Semuanya kembali ke diri pelajar itu sendiri...
    Mau paket soal ada A-Z juga kalo pelajar emang udah niat curang, yah gampang dimanipulasinya.
    Kalo emang kejujuran udah ada sejak dini. Mau satu jenis soal juga yah sudah cukup. Tapi kenaifan seperti itu hanyalah butiran debu di dunia yang fana ini.
     
  13. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    hoo ga tau dah nanti sistem pembagiannya gimana.
    soalnya nanti UN itu lembar jawaban sama soal digabung, soalnya itu ya jawabnya disitu. Dan masing-masing dah ada barcode nya jadi ga mungkin ada kesalahan input pas nyocokin jawaban ama kunci jawaban.
    dan hal itu juga memungkinkan pembagian soal acak. Toh dah ada barcode nya, ga sesuai urutan jg ga apa.

    Tapi ga tau deh tetep sesuai urutan apa ngga nanti dibagiinnya.
     
  14. Tsuki no Hikari

    Tsuki no Hikari Member

    103
    16
    76
    lol
    kalau masih pelajar gimana? tetap setuju?

    lha? kalau kita UN di kelas 2, kelas 3 ga usah lagi gitu? o_o

    iya, memang bagus untuk meningkatkan disiplin, tapi kalau ga lulus gimana...
    masa depan terancam lol

    hha, setuju :D

    ngaruh dong, banget malah, soalnya kalau ga lulus ga bisa masuk college

    iya, dengan sistem sekarang sulit bahkan bagi orang dalam untuk membocorkannya, dengan sistem yang sekarang kecurangan bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan.

    wah, kunci yang dibeli itu kan belum tentu asli, trus gimana, dia lulus?

    iya 10 paket cadangannya, kalau dipikir secara logis dengan sistem begini kunci tidak bisa bocor

    sebenarnya tidak ada yang berniat curang di dunia ini (mungkin), tapi karena terdesak...
    walaupun kejujuran sudah ditanamkan sejak dini, kalau terdesak gimana lagi, kemungkinan besar orang itu akan berbuat curang.
    soalnya ngeri lho kalau sampai ga lulus...
     
  15. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    ^ Tetap setuju.

    Jika kita sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dan percaya pada kemampuan sendiri dan rajin belajar dan beribadah dan bersedekah dsb dll, buat apa takut?
     
  16. Otamega

    Otamega Member

    81
    6
    18
  17. rolineonme

    rolineonme Member

    30
    0
    16
    buktinya dia lulus dan nilainya bagus.. kalo kayak gitu bisa bagus mending pake kan? tapi aku pribadi sih ngga mau, sayang duitnya. mending buat jalan atau makan-makan abis un, lebih enak kan.

    tapi mereka ngga total juga pake kuncinya.. ada yang totalbanget pake kunci dan nemnya cuma 28,00
    untungnya tanpa pake kunci aku udah dapet 37,90 sih.. hehehee
     
  18. Arte

    Arte Staff Member

    644
    450
    168
    Nggak semua college kok, ada beberapa college yg bagus malah cukup dengan persyaratan umur saja.

    Contohnya First Media Design School :p
     
  19. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    ^ yee begituan soalnya duitnya yg lebih. bagus sih dah jelas '3'
    yang uda menjurus seni atau desain, dan swasta, biasanya beuh ngeliat biayanya bikin miris
    pernah liat profil college ada animasi, desain interior, ampe desain fashion etc, saya lupa nominalnya, yang pasti mahal buat rakyat jelata lol
     
  20. TheWizard

    TheWizard Audiophile

    201
    56
    73
    woh banyak amit :eek:

    itu 30 paket bobot soalnya sama atau beda?
     

Share This Page