SMK vs SMA

Discussion in 'Pojok Mikir' started by Sheratan, 9 August 2012.

  1. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Ada sebuah diskusi lucu soal SMA dan SMK.

    SMK identik dengan siap kerja. Siap pakai. Lulus bisa wirausaha. Sedang SMA identik dengan lulus masuk universitas, lulus kerja mentok SPG, dsb. Walhasil beberapa waktu belakangan ini SMK sedang naik daun, terutama akan berita "Mobil SMK" dan sebagainya.

    Pertama-tama gw mau menegaskan beberapa hal dulu:
    1. Gw lulusan SMA IPA
    2. Gw bukan SMA fanboy
    3. Gw bukan SMK hater
    4. Gw menulis ini setelah membaca banyak artikel dan pengalaman.

    SMK. Identik dengan praktik. Anak SMK konon selalu jago soal lapangan. Selain ujian tertulis SMK mempunyai 1 ujian lagi, ujian praktik. SMK apapun itu. Teknik, Parawisata, Ekonomi, dsb. Atas dasar itu SMK dianggap "Siap kerja" karena "telah tahu bagaimana dunia kerja itu"

    SMA. Identik dengan teori. Anak SMA konon selalu jago soal diatas kertas. Ujian tertulis, tanpa ada ujian praktikum (Dan kalau ada juga tidak terlalu signifikan) SMA katanya tidak siap untuk kerja, harus lanjut ke tingkat berikutnya dulu. Kalau kerja gak jauh dari sales-spg-OB.

    Sebuah artikel tulisan Bernaridho I. Hutabarat di PCMedia 6/2012 sedikit menggelitik. Dia berkata kalau dia pernah berurusan dengan alumni SMK TI yang hanya sebentar menjadi mahasiswa lalu keluar. Mahasiswa tersebut berkata ia bosan menghadapi pelajaran yang itu-itu saja. Bernaridho menganggap mahasiswa itu tidak cukup rendah hati dan tidak bisa dididik dengan hal berbau teoritis. 1 hal yang anak SMK mungkin sedikit... tidak menyukai.

    Sekarang SMA. Mari kita lihat. Setinggi apa lowongan pekerjaan yang diisi dengan syarat pendidikan minimal SMA? Salah. Setinggi apa jabatan yang bisa dicapai dari lulusan SMA saat ini?

    Jadi, kamu lebih memilih masuk SMA atau SMK? Atau kamu punya solusi untuk keduanya?
     
  2. s4skiazh

    s4skiazh kembali! Staff Member

    231
    180
    136
    "minat", "ingin menjadi apa kita nantinya", "bakat yang kita miliki" atau mungkin "keininan orang tua" menurut saya juga akan mempengaruhi nantinya, Kak :teh:
     
  3. hikikomorikun

    hikikomorikun at Your service, Staff Member

    379
    242
    143
    :bijak: ane jg lulusan SMA bang...
    kalo modal skill ... keluar dari SMA mah ane kalah jauh dari yg SMK,
    lulus kuliah malah skill ane dihargai kayak lulusan SMK
    hehehe dikit gemana gitu yah... yang diajarin sama sih...
    apalagi SMK IT huiiih... sereeeem... kelas 1 aja dah sama kayak anak smt 3 materiny
    tapi ada gap aja yang ane rasa kalo jumpa lulusan SMK ama yang lulusan SMA(lanjut jenjang selanjutnya)
    pemahaman, kontrol, dan pemecahan masalahnya
    mungkin kerana kebanyakan praktik mereka gak cari solusi dengan bandingin masukan dari referensi2 lain. cepet sih kalo kerja tapi... mayoritas mentah di bagian SQ <-- lha.. jadi nyambung ke SQ coba :bingung:

    hanya saja kenyataan di lapangan pekerja yng dibutuhin : skill+murah+cepet
    ambil keputusan itu urusan atas bukan pekerja

    __ _)|l anak SMA yang kuliah jg banyak yg menyedihkan ... mahasiswa melenceng jadi sekedar status aja
     
  4. Tsuki no Hikari

    Tsuki no Hikari Member

    103
    16
    76
    Dulu sempat bingung milih SMA atau SMK, tapi akhirnya saya milih SMK dan sekarang tanpa sadar sudah duduk di kelas 3 jurusan TKJ. Waktu itu masuk SMK karena pengen coba2 hal yang baru aja...

    Menurut saya dua2 nya ada kelebihan dan kekurangan masing2. SMK mengkhususkan mempelajari hal2 yang nantinya bisa diterapkan dalam "kehidupan". Misalnya materi pelajaran IPA SMK cuma polusi aja, dari kelas satu sampai 3, sedangkan SMA materinya banyak dan beragam, jadi wawasan para siswa SMA mungkin lebih luas.

    Meski saya pernah mikir gimana jadinya kalau waktu itu saya milih SMA, saya ga nyesal masuk SMK. Materinya memang dikit tapi lengkap, dan praktiknya seru (terutama praktik merakit komputer) dan juga di TKJ ini tidak hanya mempelajari tentang jaringan komputer, tapi juga hardware dan softwarenya.

    Kalau nggak masuk SMK mungkin saya ga akan bisa buat game, merakit pc, memperbaiki kerusakan pc, dsb (meski belum terlalu ahli).
    Tapi sampai sekarang saya pengen ngerasain rasanya sekolah di SMA, terlebih lagi teman2 dekat saya sekolah di SMA semua...
     
  5. cegeb

    cegeb Nomor Absen 69

    674
    143
    143
    gw juga SMK, skill dapat, meski sekarang males2an kuliah Tee~hee

    nyesel karena gak bisa apply beasiswa monbukagakusho waktu lulus kemaren (2009)_.. syarat lulusan SMA only...

    tapi meskipun begitu, saya mensyukuri apa yang ada saat ini.. (Gunadarma FTW!)
     
  6. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Ane juga lulusan SMK kok.
    Sebenernya, waktu ntu SMK pilihan terakhir.
    Tapi, ane skrang nggak nyesel masuk SMK. Skill dapet.
    Yah, walaupun kliah skrang masuk jurusan yang beda pas waktu SMK... :haha:
     
  7. Dango

    Dango Guilty Kiss! Staff Member

    349
    162
    91
    Aku juga lulusan SMK.

    Setelah lulus SMK , aku sempet kuliah sebentar gak sampai 2 semester.
    Ya karena itu, bosan perlajaran yang itu-itu saja.. atau sudah pernah dipelajari sewaktu duduk di bangku SMK.
    Dari situ sampai sekarang aku belum lanjut kuliah lagi. Jadi aku bekerja selama ini.

    Dan kalau dari sudut pandang aku sih , Sebenernya gimana dari potensi dan niat kita juga. Banyak kok temen-temen ku yang lulusan SMK pada kuliah lagi, kebanyakan malahan :D .
    Dan bahkan ada rekan ku di Pekanbaru sana dia hanya lulusan SMA jadi Manager IT di Hotel bintang 5 punya usaha warnet , dll. sudah berkeluarga padahal umurnya baru 23 tahun tetapi sudah sukses.

    Intinya sih rezeki sudah ada yang atur.. entah itu jabatan atau lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA/SMK.
    Tinggal niatkan diri untuk berusaha lebih giat dan berdoa.
     
  8. TheWizard

    TheWizard Audiophile

    201
    56
    73
    Kalo aku sengaja pilih SMA dan masuk jurusan IPA karena ingin membunuh sebuah rasa penasaran yang selalu membayangiku. Fundamental sebuah realita tentang apapun yang dapat diamati maupun tak diamati.
    Okey, karena aku masuk SMA maka kelebihan SMA menurutku:
    1. SMA [IPA] cenderung mengajarkan tentang perkembangan teknologi. Bagaimana cara dengan mudah untuk menghasilkan sebuah usaha besar dengan pengorbanan sekecil-kecilnya. Atau menciptakan sebuah teori baru mengenai teknologi masa depan.
    2. SMA [IPS] cenderung mengajarkan tentang sebuah teori dan ilmu kemasyarakatan dan pertukaran uang. Walaupun begitu, untuk pengajaran tentang politik masih kurang.
     
    seis_fleur likes this.
  9. Rie Yukihime

    Rie Yukihime Member

    268
    58
    56
    sma?smk? dua2nya bagus.
    tapi aku dulu sengaja ngambil sma sih. soalnya emang lebih minat untuk lanjut kuliah.
    bukan berarti dr smk g bisa.
    tapi ngambil sma sekalian "perpanjangan waktu" untuk berpikir,setelah ini mau ambil kuliah apa.
    dan dulu pikirannya adalah klo mau yang agak jauh pilih sekolah negeri. klo jauh tapi swasta ngapain. *anak aneh*
    dan smk yg ada d deket2 ane itu jurusannya elektro n otomotif. errr.... ane cewek lho.
    mau ambil smea nya akuntansi... fyuuh.. g jago..harus teliti pula. nyerah deh.
    alhasil ngambil sma dan ada anggapan klo sma nanti kamu kuliahnya lebih banyak pilihan. gitu.
    yah udah ikut aja. lagian juga dr smp ane udah kayak pindah kelas aja. 1/3 temen smp lanjut ke sma yang sama:rofl:
     
  10. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    SMA IPA atau IPS? Atau malah Bahasa? Dan ada alasan khusus soal pemilihan jurusannya?
     
  11. Rie Yukihime

    Rie Yukihime Member

    268
    58
    56
    IPA. waktu kelas 1 pas pemilihan jurusan disuruh pilih 2.
    tapi harus sesuai sama hasil tes iq nya.
    berhubung aku g masalah (ipa,ips,bahasa)
    tapi ambilnya 1. IPA. 2.Bahasa.
    alasan. g cocok d ips.
    kenapa pilih ipa? karena setau aku waktu itu untuk snmptn bisa ambil ipa/ipc. klo dr ipa ke ipc (anak ipa ambil jurusan ips)
    msh lebih besar kemungkinannya dibanding ips ke ipc.
    pilihan 2 bahasa. yah karena emang bener2 g cocok di ips. :lol:
    di akhir dipilih sesuai urutan pilihan, hasil tes iq, dan nilai. alhasil ke ipa.
    lagian syarat pembukaan jurusan > 10 orang. dan yang nulis pilihan bahasa (1 sekolah) dibawah 10 orang. jadi g dibuka kelas bahasa.
    hum.. sebenernya niat awal mau jadi guru mtk sih.. tapi entah kenapa sekarang nyangsang di teknik XD
     
  12. TheWizard

    TheWizard Audiophile

    201
    56
    73
    Okey, karena ada Kurikulum baru yang nantinya akan diterapkan. Mari kita lihat ke arah mana perubahan yang diharapkan.

    Eniwei, bagi SMA kurikulum baru. Penjurusan dilakukan pada kelas 10 semester genap.

    Perubahan mata pelajaran
    - PKn + Sejarah --> Sejarah Nasional Indonesia
    - TIK --> Hilang [kemungkinan diganti menjadi sebuah ekstrakurikuler]
    - Bahasa daerah + Bahasa Indonesia --> Muatan Lokal
    - Bahasa Inggris + Bahasa Jepang + Bahasa Jerman --> Bahasa Asing

    apa lagi ya kemaren
     
    seis_fleur likes this.
  13. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    berarti sebenarnya ga ada yang dihilangkan (kecuali tik), cuman diringkas. It's good btw o3ob
     
  14. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Yak selamat datang generasi tanpa nettique :D
     
  15. Rie Yukihime

    Rie Yukihime Member

    268
    58
    56
    hoe? tidak asing sepertinya...:eek:
     
  16. kirishima

    kirishima Member

    448
    38
    108
    hmm kalau masalah pendidikan, di keluarga ane itu masalah besar, harus masuk SMA ini, Harus masuk ini, kalo ga masuk ini ga sekolah... bukan berarti mengesampingkan SMK, tapi ortu maunya anaknya masuk SMA, well, mungkin pandangannya supaya bisa ngelanjutin ke pendidikan yang lebih tinggi.
    Ane 6 bersaudara , 4 anak ke SMA, tinggal dua yang masih SMP-SD dan kemungkinan besar masuk SMA ntar bukan SMK
    justru kalo di keluarga ane ada yang pengen masuk SMK bakalan dianggap aneh, ga tau kenapa ya....

    udah kebiasaan mungkin... sama seperti jenjang kuliah S1 dan D3/D4
    S1 kayak SMA dan Diploma macam SMK
    tapi setelah menjalani keduanya, diploma yang banyak prakteknya emang paling efektif menurut ane, well S1 juga bagus secara Research, yah tergantung orangnya sih, begitu juga SMA dan SMK
     
  17. Kannazuki_SOLA

    Kannazuki_SOLA Member

    105
    19
    93
    halo, kak

    nambahin aja
    SMK dan SMA pada dasarnya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    jika melihat latar belakang keluarga yang sederhana, sebaiknya memilih melanjutkan ke SMK sebab di SMK anda akan mendapatkan bekal keterampilan yang bisa digunakan untuk bekerja maupun membangun usaha sendiri artinya cepat dapat uang (bisa kumpulkan uang tuk kuliah) dan setelah lulus SMK anda mau lanjut kuliah, maka itu bukanlah suatu masalah.. pada dasarnya lulusan SMK orientasinya ke dunia kerja sedangkan lulusan SMA tidak ada spesifikasi keahlian khusus seperti di smk karna orientasinya untuk lanjut ke universitas yang membutuhkan biaya yang lumayan besar. :)
     
    s4skiazh likes this.

Share This Page