Share Selamat Ulang Tahun~ Eh, Sebenarnya Asal Muasal Ulang Tahun dari Mana Sih?

Discussion in 'Pojok Mikir' started by Ayano, 18 June 2014.

  1. Ayano

    Ayano Staff Member Uploader

    [​IMG]

    Btw itu yang rambut biru siapa—kok dia muncul kesekian kalinya? Terus yang satu lagi siapa—rasanya baru lihat deh? Yang bakal dibahas di sini memang bukan soal si rambut biru atau yang satu lagi—bagus juga kalau mereka bisa membuat kalian penasaran terus www /plak—, tapi kita akan membahas soal…

    Ulang Tahun! Yay! Happy Birthday~ *taburtaburconfetti​

    Pada 27 Mei lalu, forum Oniichan.us beserta dua maskotnya—Oniichan dan Imouto—berulang tahun, 9 Juni lalu si kembar dari Ouran Koukou juga berulang tahun berbarengan dengan duo lawak Nacchan - Shou-chan dari UtaPri, Oniichan saya Mamorin aka Mamoru Miyano juga berulang tahun pada 8 Juni kemarin *ngakungakuadeknyaMamoruMiyano /plak www/ dan sebentar lagi, chara dari anime summer kesayangan saya juga ada yang berulang tahun *ehem* /kok promo?/

    Sebagian besar dari kita pasti memahami jikalau ulang tahun adalah hari kelahiran seseorang yang menandai hari dimulainya kehidupan di luar rahim.

    Dalam beberapa kebudayaan, memperingati ulang tahun seseorang biasanya dirayakan dengan mengadakan pesta ulang tahun dengan keluarga dan/atau teman, baik itu perayaan besar atau kecil, sebagai rasa syukur atas karunia yang sudah diberikan oleh Tuhan. Tapi, pernahkah kalian penasaran dengan hal-hal seperti : Siapa yang pertama kali menciptakan tradisi ulang tahun? Kenapa ada lilin? Kenapa pakai kue? Jika belum mendapat jawabannya, yuk kita bahas asal usul tradisi perayaan ulang tahun, seperti yang dikutip dari Veemale.com.

    Bangsa Mesir Memulai Tradisi Perayaan Ulang Tahun
    Jauh ribuan tahun yang lalu, saat Firaun memakai mahkota untuk bangsa Mesir Kuno, masyarakat menganggapnya sebagai wujud Dewa. Sehingga hari tersebut dianggap lebih penting dibanding kelahiran masyarakat biasa ke dunia. Tanggal kelahiran Firaun sebagai 'Dewa' tersebut terus dirayakan berulang kali setiap tahun.

    Bangsa Yunani Menambahkan Lilin Saat Ulang Tahun
    Sedangkan bangsa Yunani yang memperkenalkan tradisi lilin ulang tahun. Warga Yunani akan mempersembahkan kue berbentuk bulan untuk Artemis dengan beberapa lilin di atas kue. Mereka memakai lilin sebagai refleksi cahaya bulan dan kecantikan. Akhirnya tradisi ini dipakai banyak orang untuk merefleksikan ulang tahun sebagai awal kehidupan baru yang lebih bersinar.

    Bangsa Romawi Kuno Mulai Rayakan Ulang Tahun Untuk Orang Biasa
    Awal perayaan ulang tahun adalah untuk raja dan dewa, namun bangsa Romawi memulai perayaan ulang tahun untuk masyarakat 'biasa'. Orang biasa dapat merayakan ulang tahun dengan teman dan keluarga mereka. Mereka juga mulai mengenal tradisi memberi kado. Pada masa itu, kado yang berharga adalah tepung terigu, minyak zaitun, madu dan keju parut. Dengan catatan, hanya pria yang boleh merayakan ulang tahun. Wanita baru diperbolehkan merayakan ulang tahun pada abad ke-12.

    Kue Ulang Tahun Pertama Diciptakan Tukang Roti German
    Di abad ke-18, perayaan ulang tahun mulai menyebar ke seluruh dunia, bahkan di China. Di German, perayaan ulang tahun anak-anak haruslah ramah dan menyenangkan. Untuk membuat suasana lebih menyenangkan, dibuatlah kue ulang tahun yang awalnya berbentuk roti. Lalu di atas roti diberi lilin-lilin yang bila ditiup (mitosnya) dapat mengabulkan harapan.

    Kue Ulang Tahun Manis dan Cantik Hanya Untuk Orang Kaya
    Pada masa revolusi industri, kue ulang tahun dibuat lebih mewah dan manis, sebagai simbol manisnya pertambahan usia. Pada masa itu, roti dianggap sebagai makanan kelas biasa yang bisa dinikmati semua kalangan. Maka diciptakan kue-kue manis yang bentuknya cantik untuk perayaan ulang tahun keluarga-keluarga kaya. Tapi pada akhirnya, saat semua orang sudah bisa membeli bahan kue dan bisa membuat kue ulang tahun, tradisi ini menyebar ke seluruh dunia.

    Lagu "Happy Birthday to You" Awalnya Adalah Lagu Selamat Pagi

    [​IMG]
    Patty Hill dan Mildred J

    Pada tahun 1893, Patty Hill dan Mildred J menulis lagu yang berjudul "Good Morning To All" untuk dinyanyikan oleh siswa-siswa di seluruh dunia.

    [​IMG]
    Good Morning to All
    Saat lagu ini sampai di Amerika, keluar berbagai versi lain. Pada tahun 1924, Robert Coleman mengeluarkan buku lagu yang mengganti lirik lagu itu dan diulang-ulang menjadi lagu yang kita tahu sekarang, yaitu "Happy Birthday to You".

    So, mungkin di antara kalian juga memiliki chara favorit yang sedang berulang tahun atau orang terdekat kalian berulang tahun hari ini? Sudahkah kalian mengucapkan selamat ulang tahun pada mereka? Atau, bisa jadi mungkin hari inilah ulang tahun kalian?

    Saya ucapkan, selamat ulang tahun untuk yang sedang merayakannya~! Happy Birthday! Wish you all the best!

    Source : Veemale.com, Wikipedia.org, http://en.wikipedia.org/wiki/Mildred_J._Hill
     
    Last edited: 18 June 2014
    seis_fleur, Shirayukin, Sora and 3 others like this.
  2. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Ah, mbak Kajik curang.
    Katanya ane mau dikasih liat sketnya duluan si chara baru ene~ :unsure: *ok abaikan yang ini
    Dan keknya ane udah bisa nebak siapa chara2 itu. :eek: /dor

    Lanjut~

    Dan sejujurnya, ane nggak kepikiran asal usul ulang tahun itu. /slap
    Malah, waktu ane masih kecil ane nggak dibolehin ngerayain ulang tahun karena alasan dilarang agama. Jadi, biarpun ane nge-rengek2 sambil guling2 di tanah, nggak bakal dirayain ulang tahun ane. :eek:
    Sampe iri, temen ane yang lain dirayain semua ulang tahunnya. XD
    Kalo inget sikap ane dulu jadi geli sendiri. /inikenapamalahcurcol
     
  3. Ayano

    Ayano Staff Member Uploader

    Eaaaa ada yang kepokus lagi sama chara rambut biru dan abuabu =)))
    Iye Hendong udah bisa nebak, yg satu kan **** yg satu ***** www /akubilangapa? /plak

    Sekarang jadi lebih ngarti kan :)
    Hal" yg deket sama kita, dan sekarang kita tahu asal muasalnya, bikin kita jadi lebih merasa deket dan memahami hal itu. Aku juga makasih banget buat Patty Hill, Mildred J, Robert Coleman coz berkat mereka, kita jadi kenal dan menyanyikan lagu HBD buat orang yang kita sayang pas mereka ultah :')

    www Heni kangen jaman kecil
    Kalau selamatan ultah, Heni ada ga?
    Kalau di keluargaku biasanya masak" nasi kuning, untuk selamatan atas hari kelahiran---nggak buat perayaan gede"an banget juga kok x)
     

Share This Page