Share [Puisi] Sudahkah Kamu?

Discussion in 'Tulisan' started by Meitantei Al Fatih, 11 April 2015.

  1. Koruptor mencuri uang dari pajak si Kaya
    Lalu memberi sebagiannya kepada si Miskin
    apa dia pikir dia Robin Hood?

    Mata, sudahkah kamu melihatnya?

    Diberitakan dan diberitakan
    Di televisi dan koran-koran berulang-ulang

    Anak yatim itu menangis meraung-raung, tapi para ayah itu tidak peduli
    terus menembakkan peluru bagai tak berhati

    Telinga, sudahkah kamu mendengarnya?

    Diberitakan dan diberitakan
    Di televisi dan radio-radio berulang-ulang

    Mulut, sudahkah kamu berbicara untuk kebenaran?
    Tangan, sudahkah kamu berbuat sesuatu untuk perubahan?
    Atau selama ini hanya Hidung saja kah yang berguna?
    Tidakkah setidaknya Hati-mu merasakannya?

    Diatas Kasur, 11 April 2015. Lihat, dengar, dan lakukanlah sesuatu untuk perubahan!
     
    Last edited: 11 April 2015
    s4skiazh likes this.
  2. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    mengambil uang dari pajak bukan mengambil. itu adalah hak pemerintah dan kewajiban rakyat
    memberi bantuan pada warga miskin bukanlah berbicara keikhlasan. tapi itu kewajiban pemerintah dan hak si miskin

    yang salah adalah ketika hak atau kewajiban ini diletakan di tempat yang tidak seharusnya
     
  3. Yah maksud tulisan ane pajak ini disalahgunakan untuk kepentingan pribadi padahal seharusnya digunakan untuk infrastruktur dan banyak hal juga. Lalu membagi sebagiannya untuk beberapa orang miskin buat "buang sial".
    Makanya kalimat selanjutnya saya nulis, "Apa dia pikir dia Robin Hood?"
     
  4. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    tapi kalau bicara pejabat korup yang nggak habis-habis di Indonesia ini saya jadi curiga sesuatu. jangan2 tindakan korupsi ini bukannya mendarah daging, tapi sudah menjadi tren tersendiri bagi mereka. seolah-olah ada perbincangan begini

    pejabat senior: bro, lu pejabat baru ya?
    pejabat junior: iya nih, bang. masih baru sih tapi posisinya udah lumayan tinggi
    pejabat senior: oh, udah korupsi berapa banyak?
    pejabat junior: nggak bang. saya gak mau korup-
    pejabat senior: ah, copo! korupsi lah...
    pejabat junior: jangan deh. uangnya itu kan uang rakyat.
    pejabat senior: lu korup aja nggak berani, gimana mau punya mental buat ngadepin jutaan rakyat? lu masih baru jadi mungkin lu belum ngerti apa-apa. tapi lu bakal rasain gimana kedepannya lu jadi orang yang udah kerja susah payah tapi dimata orang lu masih kayak sampah. lu bakal ngerasain gimana ketika lu harus memberi layanan ke sepuluh kaum dan harus memprioritaskan salah satu, dan ketika yang satu sudah lu prioritaskan lu bakal dimaki ama sembilan yang lain yang sebenarnya lebih sampah dari lu. lu bakal ngerasain gimana ketika lu udah melakukan 99 dari 100 tugas tapi mereka masih menuntut 1 yang tersisa dari lu. mereka gak bakal dengerin dakwah lu. mereka nggak butuh janji manis lu. yang diinginkan rakyat itu sebenarnya cuma satu, perut mereka dan keluarga mereka bisa kenyang. lu sebagai pejabat pasti juga punya keluarga tapi mereka gak peduli. lu juga manusia seperti mereka tapi mereka bakal ngomong an**ng ke elu.
    (ambil nafas)
    pejabat senior: gw tau lu mau bilang apa. lu berpikir nggak semua rakyat begitu kan? nggak semua rakyat berpikir jahat. ada juga yang masih berpikir baik dan bijak. emang betul. tapi dimana mereka? apa mereka datang ketika yang jahat demo ke elu? apa mereka melakukan aksi pembelaan untuk mempertahankan diri lu ketika lu hampir lengser? gak bakal. mereka yang baik, yang udah menerima jasa lu, cuma akan diam di rumah seperti kucing yang taunya cuma minta makan. terus apa gunanya rakyat baik kepada pejabat? akuilah, tidak ada kebaikan timbal balik dalam pekerjaan ini. semuanya berjalan satu arah dari pejabat ke rakyat.
    pejabat senior: jadi, sekarang lu masih mikir gak mau korupsi?
    pejabat junior: gimana ya? emang kasian sih. saya masih bingung juga. tapi kayaknya saya tetep nggak mau korupsi deh.
    pejabat senior: oke, gpp. itu pilihan lu. gue gak bakal maksa lebih jauh. apa lu takut ketahuan? atau lu takut ama KPK? tenang aja, semua yang ada di sini berpikiran sama kayak gue. kalau lu nggak korupsi, lu nggak dianggap sebagai pejabat sama kami. silakan aja lu bermaso ria tanpa imbalan itu bukan urusan kami. disini gue bukan menjerumuskan, tapi gue mencoba menolong lu. sebelumnya juga banyak kok orang polos kayak lu yang jadi pejabat tapi akhirnya mereka turun juga kok. dan yang bertahan siapa? ya yang udah pada korup. lu tau gak? orang-orang yang diatas lu, yang dikenal di daerah ini, semuanya itu koruptor. mereka bertahun-tahun jadi pejabat dan korupsi tapi sampai sekarang masih bertahan. kenapa bisa? karena kami solid. kami satu pemikiran dan perjuangan. jaringan kami luas tapi juga kokoh. lu gak usah terlalu takut. malah di atas sana ada lho yang nganggep ini ajang kompetisi kaya-kayaan. hahaha. kalau lu gabung sama jaringan kami, semua sindikatmu nggak bakal bocor dengan mudah. kami semua profesional. bahkan kalaupun seandainya nanti lu ketangkep, kami bakal tetep bantu lu di dalem penjara.
    pejabat junior: ......
    pejabat senior: yaudah. gw cabut dulu ya. mau jemput anak dari sekolah. dah~
     
  5. SASUGA..... sumpah om Dejiko, ane smpe tertegun :") jangan-jangan emang begitu yak? Makanya kadang ada juga pejabat yang dulunya pas mahasiswa cerdas kritis bahkan punya riwayat aktivis eh giliran jadi pejabat malah korup-_- miris
     
  6. s4skiazh

    s4skiazh kembali! Staff Member

    231
    180
    136
    Ijin share, Kak :)

    "Hargai usaha orang lain. Kepentingan bersama, dahulukanlah. Kita satu bangsa, satu keluarga. Susah dipikul bersama, senang nikmati bersama. Lebih baik diam daripada berkata dan menjatuhkan. Lebih baik lagi, diskusi untuk cari solusi.
    Kita semua manusia yang tidak sempurna. Tidak bisa memikul semuanya sendiri, sekuat apapun kiita. Jadi,, mari sampingkan egoisme pribadi, hargai, serta lakukan usaha nyata bersama. Untuk apa? Tidak perlu kita sebutkan, bukan?" =))

    saya setuju dengan asumsi kalian. :ok:6
     
  7. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    share kemana?
     
  8. s4skiazh

    s4skiazh kembali! Staff Member

    231
    180
    136
    Share ke grup kelas =)
     
  9. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    wah, hebat 'v')/ ah, tapi kata-kata di tulisan itu agak kasar. semoga tidak masalah buat kalian '-')/
     
  10. s4skiazh

    s4skiazh kembali! Staff Member

    231
    180
    136
    Tidak masalah, Kak. Terimakasih =)
     
  11. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253

Share This Page