Diskusi Psikokinesis = Kekuatan Pikiran?

Discussion in 'Saintek' started by Kuro Nami, 14 December 2011.

  1. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Psikokinesis atau psychokinesis berasal dari bahasa yunani psyche artinya roh atau jiwa hidup dan kinesis atau kineasis artinya gerakan . para peneliti kebatinan percaya bahwa badan manusia berisikan semacam cairan batin mirip bioplasma , cairan aneh yang bersifat setengah benda dan setengah non benda ini dapat di keluarkan dari badan , bahan inilah yang apabila di padatkan dapat mengangkat sebuah benda . dalam buku pheonemena of human psyche . university books . New york, 1965 . dia menceritakan mengenai dua peneliti perancis guna membuktikan kenyataan daya metafisika yang di gunakan untuk menggerakkan sapu tangan tanpa menyentuhnya , lewat kemampuan telekinesis terhadap seorang penganut spiritual Rudi schneider , bahwa ada benda yang tak tampak muncul dari badannya , dia dapat menguasai benda itu dan dia gunakan untuk menggerakkan sapu tangan . kekuatan itu sama dengan ectoplasma dari fisik medium sebagai benda astral yang di pergunakan orang untuk proyeksi astral atau meraga sukma .
    Psikokinesis adalah kemampuan memanipulasi sebuah objek fisik hanya dengan pikiran semata-mata. Sebuah objek, bisa berupa benda maupun tubuh dimanipulasi dari jarak jauh. Salah satu bentuknya adalah psikokinetik metal-bending, yakni efek psikokinetik terhadap benda-benda metal seperti kunci, sendok, pisau atau semacamnya, dengan cara membuatnya berubah bentuk. Misalnya saja, Anda mungkin pernah melihat di televisi, Dedi Corbuzier membengkokkan sendok.

    Meskipun umumnya fenomena psikokinesis direncanakan. Namun ada juga fenomena psikokinesis yang terjadi dengan spontan. Menurut para ahli parapsikologi, jika berada dalam keadaan terancam bahaya atau ketakutan yang sangat, Anda bisa dengan serta merta mengeluarkan daya psikokinetik. Misalnya saja membuat jam berhenti pada saat orang yang dicintai meninggal dunia. Secara spontan Anda membuat jam berhenti berdetak karena trauma psikologis yang Anda hadapi. Bisa juga menjatuhkan foto di dinding atau memecahkan kaca saat ketakutan. Akibatnya, boleh jadi Anda semakin ketakutan. Padahal itu adalah hasil daya psikokinetik Anda sendiri.

    Umumnya para ahli parapsikologi membedakan adanya dua jenis psikokinesis, yakni psikokinesis makro dan psikokinesis-mikro. Psikokines makro adalah yang kejadiannya bisa diamati secara langsung. Seperti misalnya membengkokkan sendok, mengangkat benda ke udara, atau tahan senjata tajam. Sedangkan Psikokinesis mikro kejadiannya tidak bisa diamati dengan menggunakan mata telanjang. Diperlukan metode statistik tertentu untuk bisa mengetahuinya. Termasuk dalam kategori mikro adalah pengobatan jarak jauh.

    Sejak jaman dahulu psikokinesis telah menyita perhatian masyarakat. Kisah-kisah keajaiban kebanyakan merupakan kisah tentang psikokinesis. Misalnya kisah Nabi Musa mengubah tongkat menjadi ular; kisah Nabi Sulaiman terbang menaiki angin; kisah pengobatan ajaib yang dilakukan Isa Al-masih, dan kisah-kisah lainnya.

    Saat inipun, kepercayaan bahwa psikokinesis eksis, tetap hidup ditengah masyarakat. Misalnya saja keyakinan adanya pawang hujan yang mampu mengendalikan awan dan hujan. Buktinya setiap penyelenggaraan acara ditempat terbuka selalu minta pawang hujan untuk bertugas agar tidak diguyur hujan.

    Terdapat banyak bentuk psikokinesis yang umumnya dipercayai masyarakat keberadaannya. Selain mengontrol cuaca, beberapa diantaranya adalah tahan api, mengapungkan benda di udara, tahan benda sangat panas (ada orang yang bisa menempa pisau dengan tangan telanjang), tahan senjata tajam, dan lainnya. Termasuk yang sangat dipercayai masyarakat adalah penyembuhan jarak jauh. Dari suatu tempat, seseorang berupaya menyembuhkan orang lain yang berada di tempat lain.

    Salah satu bentuk psikokinesis yang sering dipertunjukkan dimuka umum adalah tahan senjata tajam. Berbagai pertunjukan tradisional semacam debus, kuda lumping, atau kuda dor, biasanya selalu disertai unjuk kekuatan anti senjata tajam. Dalam kondisi normal, sangat tidak mungkin kulit akan tahan senjata tajam. Tapi dalam pertunjukan tersebut, seseorang benar-benar menjadi kebal. Untuk lebih meyakinkan, biasanya senjata tajam itu (biasanya berupa parang atau golok) disabetkan dulu ke benda tertentu semisal bambu. Sekali tebas, bambu sebesar lengan langsung putus. Jadi, bayangkan jika tangan manusia yang ditebas, mestinya juga bisa langsung putus. Tapi, nyatanya tangan sama sekali tidak luka, alias kebal.

    Agak sulit memang untuk meyakini bahwa suatu manipulasi terhadap objek benar-benar karena psikokinetik. Bisa saja terjadi itu hanya tipuan. Dalam banyak kasus, orang yang mengaku sanggup melakukan daya psikokinetik ternyata hanya menipu. Kebanyakan hanya sulap atau ilusi, seperti yang biasa dilakukan di panggung-panggung hiburan oleh para pesulap dan ilusionis.

    Katakanlah, Anda mengenal seseorang yang mengaku bisa melakukan daya psikokinetik. Misalnya membengkokkan sendok. Cobalah uji. Anda bawa sendok sendiri lantas berikan padanya untuk dibengkokkan. Jika berhasil membengkokkan, ada dua kemungkinan. Pertama, ia telah menipu Anda, misalnya dengan menggantikan sendok Anda dengan sendoknya sendiri yang biasa dibengkokkan, tanpa Anda sadari. Kedua, ia memang benar-benar memiliki daya psikokinetik.

    Bagaimana jika gagal? Anda akan mendapat beragam alasan untuk menjelaskan kegagalannya. Mungkin ia mengaku kurang konsentrasi, sedang tidak mood, suasananya tidak mendukung, waktunya tidak tepat, atau apapun yang lain. Intinya, dia akan berusaha menutupi kegagalannya. Jadi, Anda memang harus kritis untuk mengakui sesuatu itu psikokinetik atau bukan.

    Pada tahun 60-an, terkenal seseorang yang bernama Uri Geller. Ia berhasil membengkokkan berbagai benda metal. Pertunjukkannya sangat populer dan menakjubkan pemirsa televisi. Di studio TV, ia berhasil banyak membuat manipulasi terhadap benda-benda metal. Hal yang sama dilakukan Dedi Corbuzier di layar kaca televisi Indonesia pada waktu belakangan ini. Pada saat itu, Uri Geller bersedia untuk diuji di laboratorium. Hasilnya mengesankan. Uri Geller ternyata tidak mampu melakukan manipulasi apapun terhadap benda-benda metal di dalam kondisi laboratorium yang terkontrol. Kejadian itu kemudian dikenal dengan istilah efek geller. Jadi, sekali lagi, Anda mesti berhati-hati untuk menyimpulkan kemampuan psikokinetik yang dimiliki seseorang.

     
  2. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.727
    738
    248
    Jadi bisa dan hanya bisa muncul kalau keadaan memungkinkan.

    :keren:
     
  3. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Iyup...
    tapi gak semua orang mempunyai kekuatan psikokinesis.

    Klo pesulap Indo si Deddy Corbuzi*r itu punya kekuatan psikokinesis gak?
     
  4. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    salah satu tema dari dunia Psikologi yang membuatku tertarik ~

    ada VN nya juga (loh ?)
    hana pernah baca seorang psycho ada yang emang dari lahir udah punya kekuatan dan ada yang orang biasa tapi dilatih dan dia jadi bisa ~
     
  5. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.116
    705
    258
    psikokinesis ada di railgun :9
    ==
    kalo soal si Dedi, entah punya ato ngga
     
  6. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Ane juga tertarik dgn tema ini...
    Ane gak nyangka, ternyata manusia punya suatu kekuatan di dalam dirinya... :ckck:

    Emang bisa sih, org biasa melatih dirinya. Tapi agak lama...
    Untuk menggerakkan satu kertas kecil aja, butuh waktu 3 hari :bijak:

    Manga Ghost Hunt juga bahas tentang pk alias psikokinesis kok!!!

    Tapi si Dedy kn bisa bengkokin sendok...
    Apa itu bukan pk ya??? :bingung:
     
  7. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.116
    705
    258
    jadi inget manga jadul Time Limit Nina yg ngebahas ESP :teh:

    karena saya belum pernah ngeliat langsung, pernahnya cuman di tipi doang, ada kemungkinan rekayasa, ada kemungkinan beneran juga. entahlah hanya Dedi dan Yang diatas yg tau :bijak:
     
  8. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    situ tertarik ga , kurochii ?
    hana sih tertarik pengen bisa tapi latian konsentrasinya itu loh bikin cape (walau ga gerak tapi pikiran yang jalan) :haha:

    ayo yg maen X-Note pasti tau soal Physic :haha:
     
  9. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Nina Kulagina itu kah???
    Apa judul manganya???

    Ane mah tertarik banget... :bijak:
    Cuma males banget kalo disuruh konsentrasi dan gak ngelakuin apa2... :angin:
    Pengennya langsung bisa aja!!!
    Hahahaha :haha:
     
  10. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    yg instan itu ga baik bung :jagoan:

    jadi itu si Deddy emang physic apa cuman trik sulap ya kira2 ?
     
  11. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.727
    738
    248
    Sulap itu keknya.

    Eh gak tahu juga deh. Gimana kalau kita tanya ke orangnya langsung?

    Disini gak ada yang tahu dasar-dasar sulap ya? :bingung:
     
  12. Lazybone

    Lazybone 宏実 ♡

    580
    14
    103
    waktu itu kan didatengin Masked Magician trus ngebongkar trik sulap bung dedy...
    tapi ane ga nonton semuanya siy...

    sampe li**ad juga di bongkar katanya....

    saya mau latihan kyk gitu tapi...
     
  13. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Tapi ane males... :sendiri:
    kn harus konsentrasi penuh!!!

    Kyaknya sih dia punya pk...
    Soalnya ane pernah liat dia bengkokin sendok. Kyaknya gak pake trik deh :bijak:

    Trus kalo bisa ngeliat makhluk halus itu termasuk physic gak??? :bingung:
    Ane pernah baca dimana gitu (ane lupa dimana), katanya itu termasuk physic!!!
     
  14. Lazybone

    Lazybone 宏実 ♡

    580
    14
    103
    ga tau deh klo itu...

    mungkin iya mungkin jg engga karena ane ga pernah melihat hal2 semacam itu
    tapi klo ngedenger siy pernah...

    lebih baik kita tanya pak Leo
    acara di ANTV dlu "Percaya ga Percaya"
     
  15. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.727
    738
    248
    Tapi gw baca, kalau manusia hanya menggunakan 30% dari keseluruhan kemampuan pikirannya.

    Dan batas itu bisa dilampaui kalau manusia itu berada dalam situasi terdesak.

    Sering gak ngerasain kalau pas disituasi mendesak, otak kita mendadak jadi pinter?
     
  16. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Hahahaha...
    Sering banget tuch!!!
    Ane ngerasa jadi agak pinteran dikit waktu dalam keadaan terdesak... :bijak:
     
  17. darkro90

    darkro90 The Perfect and Elegant Maid

    353
    29
    68
    Psikokinesis emang ada kok, dan cuma beberapa orang yang bisa mengeluarkan potensi tertingginya.

    Kalo Dedi Cobadut sih cuma magician biasa gan, ga ada kekuatan asli psikokinesis dia cuma pake trik2 rendah magician doang :ckck:
     
  18. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Tapi orang biasa alias gak punya bakat kayak kita juga bisa melakukan physic. Tapi harus belajar dulu :angin:
     
  19. kirishima

    kirishima Member

    448
    38
    108
    kayaknyamemang, tapi memang manusia kalau didesak akan mengeluarkan segala kemampuannya, kecuali dia pasrah.

    untuk pk
    saya manusia biasa cuma bisa melihat/memperhatikan/menikmati dari anime manga, hahahaha :teh:
    kayak psyren,psychobuster,railgun, zero, ceritanya bagus2..

    :teh: lagi
     
  20. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Ndk ada niat untuk nyoba kh???
     

Share This Page