Info Panitia UN 2014 Siapkan 160 Paket Soal

Discussion in 'Berita' started by Dejiko, 25 February 2014.

  1. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    [​IMG]
    Ilustrasi: suasana ujian nasional. (Foto: Kemendikbud)

    JAKARTA
    - Tahun lalu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan 20 paket soal untuk ujian nasional. Tahun ini, Kemendikbud menyiapkan lebih banyak lagi paket soal UN. Tidak tanggung-tanggung, hingga 160 paket!

    Tetapi tenang saja. Seperti tahun lalu, siswa peserta UN hanya akan mengerjakan satu paket soal, kok.

    Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, penyiapan 160 paket soal ini sebenarnya karena sistem pencetakan dan distribusi naskah soal UN 2014 akan dibagi menjadi delapan regional. Nah, tiap regional menyiapkan 20 paket soal. Paket-paket soal ini tidak akan sama antara satu regional dengan regional lainnya berbeda.

    "Jadi bisa dibayangkan, 20 variasi soal, ada delapan region, artinya ada 160 variasi soal," kata Nuh, seperti dilansir laman Kemendikbud, Rabu (19/2/2014).

    Kenapa harus banyak paket soal, sih?

    Mendikbud M Nuh punya alasannya. Dia menilai, pembuatan banyak variasi soal akan membuat para peserta UN lebih khusyuk mengerjakan soalnya masing-masing.

    "Jadi, hasil yang diharapkan dari UN dapat maksimal," imbuhnya.

    Mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu berharap, pada 24 Februari, master soal UN sudah bisa diserahkan kepada percetakan pemenang tender. Jika tidak ada sanggahan, maka soal UN 2014 pun akan dicetak. (rfa)

    Sumber:
    http://kampus.okezone.com/read/2014/02/19/560/943258/panitia-un-2014-siapkan-160-paket-soal
     
  2. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    Nah sekarang,
    yang tahun lalu yang cuma 20 paket aja banyak perkaranya. mulai dari kertas un gak ori lah, telat lah, gak tepat waktu lah (eh, sama aja), dll. apa yakin mau nambah paket lagi 8x lipat? yakin kasus kemaren gak keulang lagi nanti? jangan-jangan tahun ini takutnya ada kotak kertas ujian yang ketuker sama kotak TPS lagi :D #ngaco
     
  3. Hakaze

    Hakaze User

    20
    0
    36
    tahun depan dikasih bilik
    *PadahalGwTahunDepan :LOL:
     
  4. Fairus Firnanda

    Fairus Firnanda Silver King Staff Member Uploader

    150
    43
    63
    Para pelajar menjadi khusyuk nangisnya, tahun ini saya UN T,T
     
  5. Hakaze

    Hakaze User

    20
    0
    36
    tahun depan lebih parah... yakin deh
     
  6. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Terus gw 2 tahun lagi gimana :(
     
  7. Hakaze

    Hakaze User

    20
    0
    36
    semua ditentukan PEMILU tahun ini, semoga ngak makin edan nih negara
     
  8. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    Jangan khawatir. 2 tahun lagi minimal ente udah punya momongan
     
  9. madoka*magica

    madoka*magica Animelody~

    348
    91
    98
    soalnya sama semua, cuma diacak doang nomernya :shifty:
    gaya banget sihh nihh Kemendikbud... Zzz

    ada yang masih SMA?

    UN ngapain pada takut sihh... yakin kalo sekolahnya bener alias gak "aneh-aneh" normal aja gak pinter tapi jangan bodoh2 amat juga, nilai 5,5 pasti tembuss...
    wong 60:40 toh skrg kelulusan? 60 nilai sekolah 40 nilai UN
     
    Last edited: 26 February 2014
    s4skiazh likes this.
  10. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    kalo UN SMA mah selow. kalo jelek dampaknya cuman nilai ijazahnya aja yg jelek. ga ngaruh apa2 lagi. yg penting lulus bray dan ke depannya mau gmn.
    yg SMP juga ga usah maksa UN bagus trus ke SMA yg bagus2, ke yg biasa2 aja. nanti dapet undangannya lbh gampang gitu.
    well tergantung juga sih wwwww
     
  11. madoka*magica

    madoka*magica Animelody~

    348
    91
    98
    nahh iyooo... UN tutup mata wkwkwkkww
    SNMPTN itu yang ngerii :nailbiting:

    masih inget waktu SNMPTN saya ngerjain matdas cuma bisa 4 soal dari 15 soal :cry:
    tapi untung masih kebagian jatah :D
     
  12. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    PTS juga banyak yg bagus kok. Kalau memang sulit masuk jangan dipaksa, apalagi sampai beli jatah.
     
  13. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    -orang pinter gampang dapat kerja
    -orang bodoh sulit dapat kerja
    -jadi, orang bodoh harus membuka usahanya sendiri
    -supaya usahanya bisa jalan, dia butuh orang pintar
    -alhasil orang bodoh jadi bosnya orang pintar
    :D
     
  14. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Lalu orang pintar tahu bos nya bodoh
    Di bego in lah itu bosnya
    Laporan keuangan dia manipulasi
    Toh bos nya bodoh jadi gak nyadar
    Lalu dia resign dan uangnya dia bawa kabur
    Jadi bangkrut lah usaha orang bodoh itu

    Versi alternatif
    Lalu orang pintar tahu bos nya bodoh
    Dan pemegang saham/direktur lain tahu dia pintar
    Diturunkan lah si bos bodoh itu
    Digantikan si orang pintar
     
  15. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    bosnya sadar pegawainya korupsi
    dilaporkan ke polisi
    orang pintar mendapat dendan dan di tahan di penjara

    versi alternatif
    pemegang saham/direktur tahu anak buahnya pintar
    tetapi karena ketahuan melanggar akhirnya ia tidak dipercaya
    pada akhirnya kebaikanlah yang membawa keselamatan pada dirimu
     
  16. s4skiazh

    s4skiazh kembali! Staff Member

    231
    180
    136
    jadi kalau dipikir-pikir lagi sistemnya tidak beda jauh dengan tahun lalu. 160 jenis soal kan hanya berdasar jumlah regional percetakan, jadi setiap regional jenisnya tetap 20 soal. Lalu untuk apa memikirkan peserta di lain regional, toh kelas satu dengan kelas lainnya jenis paket yang diterima sama :confused:

    "Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) M Nuh, penyiapan 160 paket soal ini sebenarnya karena sistem pencetakan dan distribusi naskah soal UN 2014 akan dibagi menjadi delapan regional. Nah, tiap regional menyiapkan 20 paket soal. Paket-paket soal ini tidak akan sama antara satu regional dengan regional lainnya berbeda."
    Mungkin pembagian 8 regional percetakan dan distribusi ini digalakkan untuk mengurangi kemungkinan terulangnya kasus tahun lalu, Kak :)

    umm, tapi menurut kabar yang beredar, tahun ini UN juga ikut andil dalam penentuan perguruan tinggi nanti. kata-katanya soal UN tahun ini untuk SMA bobotnya lebih berat dengan tahun lalu karena bakal ada beberapa soal SNMPTN yang nyempil~ :confused:
     
  17. madoka*magica

    madoka*magica Animelody~

    348
    91
    98
    mana mau PTN masang UN jadi patokan... secara hasil dari UN itu gak Obyektif, wong masih digabung nilai sekolah...

    pengalaman yeh (buka-bukaan) dari jaman kakak ku SMA sampe aku SMA yang namanya UN itu jawabnnya selalu bocor...

    bukannya mau ngajarin yang gak bener... tapi emang faktanya gitu
    tahun 2011 di Jakarta pas aku SMA itu ada oknum yang matok 10jt/sekolah untuk kunci jawaban UN.

    Saya rasa PTN gak sebodoh itu mau pake UN sebagai standar...
     
    Sheratan likes this.
  18. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    ^yang itu emang mustahil. tapi kalo gerakannya membuat standar UN jadi agak serupa dengan soal SNMPTN ya gak jadi masalah. malah bagus lagi karena sebagian besar anak-anak Indonesia jaman sekarang berkecukupan untuk lanjut ke perguruan tinggi. jadi gak ada salahnya kalau ketimbang cuma menargetkan lulus, targetkan juga untuk bisa lolos SNMPTN.

    yah, mungkin pemerintah bosan karena dari dulu tiap tahun nilai rata-ratanya yang dinaikin, jadi sesekali rata-ratanya tetep tapi soal dipersulit. :D

    tapi kalau kasusnya begitu... kasian yang lulusan SMK. ane kepikir mungkin seharusnya perlu dibedakan standar soal SNMPTN untuk SMA dengan SMK. soalnya dari didikannya aja udah beda. lucunya lagi, setelah di tes pengetahuan umum di soal SNMPTN, kalopun lulus ujung2nya ngambil jurusan juga kan?
     
  19. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Ada lagi isu UN online. Asik dah ini. BRB buka jasa joki nilai UN online. Terima:

    > hack buat bocorin soal
    > man-in-middle
    > bot jawab soal
    > edit nilai UN
    > edit jawaban yang udah di submit
     
  20. madoka*magica

    madoka*magica Animelody~

    348
    91
    98
    wkwkwkwkw kalo soal UN dibikin seperti soal SNMPTN bisa gak lulus semua anak anak

    wong rata-rata passing grade PTN berkisar antara 30%-55%

    data dari bimbel yang dulu aku ikutin...

    jadi kalo lulus UN udah pasti tuh masuk UI ITB UGM wkwkwkw wong cuma 5,5 :D

    Yang NEM nya kepala 5 bisa jadi masuk Harvard atau MIT
     

Share This Page