Share Mitos - Mitos di Indonesia

Discussion in 'Saintek' started by Kuro Nami, 31 January 2014.

  1. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Mitos. Mungkin hampir seluruh dari kita pernah mendengar kata ini. Dan juga mungkin ada beberapa dari sebagian user, pernah 'dilarang' untuk melakukan sesuatu oleh orang tua. Mitos dipercaya sebagai ajaran nenek moyang tentang apa yang tidak boleh dilakukan agar tidak tertimpa bala. Di kota-kota besar mitos sudah dianggap sebagai isapan jempol belaka, tetapi di pedesaan ataupun kota-kota kecil masih banyak yang mempercayai mitos walaupun dari sisi sudut pandang logikan tidak masuk akal.

    Nah, di trit kali ini, ane akan sharing beberapa mitos-mitos yang ada di Indonesia. Bagi temen-temen yang lain, yang punya info tentang mitos yang kagak ada disini, silakan di sharing eaph. :eek:

    1. Kalau sudah malam jangan berdiri atau duduk di bawah pohon agar tidak dibius setan atau makhluk halus.
    Seseorang bisa saja pingsan saat berada di bawah pohon besar di malam hari. Kejadian ini tidak ada hubungannya sama sekali dengan dibius setan. Pada siang hari tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk bernafas, tetapi pada makan hari tumbuhan membutuhkan oksigen untuk bernafas. Manusia memerlukan oksigen untuk bernafas, jadi proses pernafasan manusia akan terganggu ketika berada di bawah pohon pada malam hari.

    2. Tertimpa cicak adalah pertanda sial
    Dan sejujurnya, ane masih percaya dengan mitos yang ini. Setiap ada cicak di atas kepala ane, bakal ane usir itu cicak. Awkwk.. :rofl:

    3. Jangan menggunakan sesuatu yang tajam di malam hari, pamali.
    Mungkin mitos ini muncul sebelum adanya listrik, jadi rasa orang tua melarang anaknya untuk tidak menggunakan benda tajam di malam hari. Pernah waktu itu, malem-malem ane mau beli jarum ke warung. Dan apa kata penjualnya? "Besok aja dateng kesini lagi beli jarumnya. Malem-malem nggak boleh beli jarum", katanya. Ane jadi sweatdrop sendiri. =_=

    4. Jangan memakai payung pada malam hari tanpa alasan
    Jelas tidak disarankan, kalo melakukannya pasti akan disangka orang gila. Tidak panas tidak hujan tetapi memakai payung, apalagi malem hari. :rofl:

    5. Perempuan tidak boleh duduk di depan pintu
    Kata orang-orang sih, ntar jodohnya balik lagi pas mau ngelamar. Batal deh!
    Mungkin, jaman dalu perempuan masih pake rok, belum ada yang memakai celana. Jadi, kalau ada wanita yang duduk di depan pintu pasti akan terlihat....... (sensor). :eek:

    6. Jangan bersiul di malam hari
    Mungkin bermaksud supaya tidak mengganggu orang-orang yang sedang tidur.

    7. Memakai payung di dalam rumah berarti sial.
    Bagaimana tidak dikatakan sial kalau lagi ada banyak orang di dalam rumah, apalagi kalau rumah sempit dan kita dengan isengnya memakai payung. Mungkin orang-orang akan merasa terganggu atau takut tercolok matanya.

    8. Makan sebelum orang tua makan
    "Janganlah mendahului makan sebelum orang tua makan, karena akan menjadikan sulit untuk mendapat rezeki." Yah, kalo ini mungkin sebagian bener. Sebaiknya kita mendahulukan yang tua dulu untuk makan, baru kita yang muda.

    9. Memotong rambut malam hari di rumah
    Katanya sih, bakal didatengi sama 'hantu' di dalam mimpi. Tapi, ane baru-baru ini potong rambut dengan banci pulak, yang kebetulan 'temen sepermainan' bapak ane malem-malem dan nggak didatengin tuh dalam mimpi.

    10. Tidur disore hari menjelang magrib
    "Karena kelak anda akan menjadi orang tak bermalu (gila)."
    Yah, kalo tidur pas menjelang magrib, kapan dong sholat magribnya bagi yang muslim?! Ntar 'kebablasan' lagi, sampe subuh.

    11. Kebiasaan membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang
    "Janganlah selalu membuang nasi sisa makan, karena masih kenyang bermakna kelak selama satu tahun akan mengalami bentrokan keluarga yang beruntun."
    Mubazir dong, makanan dibuang. Kan masih banyak orang-orang yang kelaperan diluar sana. Makanya, kalo sekiranya perut tak sanggup untuk nampung, jangan ngambil nasi banyak-banyak. =_=

    12. Menggunting kuku malam hari
    Katanya sih bakal memperpendek umur. Lagipula, malem-malem itu kan identik dengan gelap, jadi mungkin takut yang lain (selain kuku) 'tergunting' karena tidak keliatan. :eek:

    13. Berfoto bersama dalam jumlah ganjil
    Mungkin mitos yang ini, sebagian udah pernah denger kan? Kalo berfoto dengan jumlah yang ganjil, orang yang tengah bakal meninggal. Tapi, ane sering kok kalo foto-foto dengan temen kampus jumlahnya ganjil. Dan alhamdulillah, kagak ada yang meninggal.
     
  2. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Yang ganjil bukan meninggal, tapi nambah 1 atau kurang 1 :caution:
     
  3. BiriBiri

    BiriBiri Member

    242
    31
    53
    2. kalo kotoran cicak ane setuju
    3. kalo laper mau masak mi bungkusnya gabisa dibuka gimana?
    6. sering LOLOLOLOLOL
    11. nah kalo ini setuju sial, entar banyak semut ato kecoa datengin tu nasi
    13. takut di fotonya ada setan nongol kali?
     
  4. Blanc

    Blanc User

    5
    2
    38
    hampir setiap kali gw makan mendahului orang tua, soalnya mereka sendiri juga bangunnya telat mulu (kadang malah ngga makan karena penyakit gula mereka)
    klo yang begitu gimana dong :sneaky:

    ah ya, gw sendiri juga sebelum makan selalu menawarkan mereka "makan pa, makan ma"
    apakah artinya gw sering sering bagi rezeki? :rofl:
     
  5. Arashi354

    Arashi354 Menghitung waktu.... Staff Member

    640
    276
    138
    9.
    'teman sepermainan'??? i see something here :sneaky:
    ane sering2x potong rambut malem hari..... tapi ga ada apa2 kok :ok:

    10. Ane malah sering pusing pas bangun kalo tidur menjelang sore2 ato mau maghrib gitu...
    kadang2 malah kena time lag " ah, ini sore ato subuh yak??"
     
  6. Ayano

    Ayano Staff Member Uploader

    Ukkun =))
    Itu kata Hendong, "Tapi, ane baru-baru ini potong rambut dengan banci pulak, yang kebetulan 'temen sepermainan' bapak ane"malem-malem dan nggak didatengin tuh dalam mimpi".

    Itu 'teman bapaknya Hendong', Ukkun curigah kenapa? =)) /napa bahas ini /plak

    _____

    Yang jelas mah, kalo duduk depan pintu bakal ngadangin orang yg mau lewat :rofl:
    Makanya kalo ada yg begono bakal langsung ditegur, cewek ataupun cowok

    Aku waktu kecil juga ga dibolehin, tapi alasannya lain coz bisa manggil maling aka ngasih kode ke dia buat ngemaling :bad:

    Ini juga kalo di tempatku beda, katanya bisa manggil 'or-gil' (disangkain temennya, anaknya atau apaa gitu) :rofl: /ntah

    Rasanya kalau jaman sekarang rada susah diterapin ' ')a
    Keluargaku juga, coz pada grasagrusu ada aktifitas lain di luar rumah, jadinya pada disuruh makan dulu masing-masing, terutama pas sarapan
    Kecuali pas ada jamuan makan bareng keluarga yah, mmg yg tua dulu dipersilakan

    This...
    Kalau dari keluargaku juga, dan orang-orang didekatku... bukan coz itu tapi...
    Katanya hawa sore itu gabaik, bisa nyebar penyakit dan gabaik untuk sikon tubuh, entah nanti bisa pusing atau gimana... Kecuali kepaksa banget coz lembur baru kelar pas sore?
    Makanya sebisa mungkin jangan tidur sore setelah jam 3 sampai magrib, tidur siang gakpapa atau lebih baik setelah isya baru tidur :)

    Mungkin bisa dibilang, beda daerah beda arti mitos(?) cmiiw
    Tapi semua, balik kaliannya masing-masing aja deh ya :)
     
  7. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    2 is a big no. pernah kejatohan cicak dan ga terjadi apa2. Badluck pasti terjadi sama kita sewaktu2, jangan dihubungkan sama kejatohan cicak.
    6. Gak bisa siul :v
    8. Ane terbilang susah makan kalo di rumah jadi no problem sih. Tapi ini masalah etika aj
    10 emang ada penjelasan logisnya. Cuman lupa, bukan mitos kok pastinya. waktu ashar- maghrib lbh baik jangan tidur
    12. sering lol
     
  8. Kannazuki_SOLA

    Kannazuki_SOLA Member

    105
    19
    93
    12. menggunting kuku malam hari.
    jaman dulu belum ada listrik, jadi sangat berbahaya kalo motong kuku malam hari bisa bikin tangan terluka.
     
  9. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Kalo di tempat ane, mitosnya bakal ada yang meninggal. Dan nggak terjadi apa-apa tuh. :eek:

    Samaan kek bang Sidik, suka pusing kalo tidur mau magrib.

    Awkwk.. :eek:
    Cie, bang Sidik curiga..

    Setuju mbake.
    Ada beberapa mitos di daerah ane yang mungkin berbeda arti dengan mitos di daerah user lain. :lol::lol:
     
  10. Yuki Natsumi

    Yuki Natsumi Member

    64
    9
    18
    cuman, orang geblek yg percaya sama mitos, Bray.
     

Share This Page