Diskusi Komik, Animasi dan Industri Kreatif

Discussion in 'Obrolan Otaku' started by hikikomorikun, 1 April 2015.

  1. hikikomorikun

    hikikomorikun at Your service, Staff Member

    379
    242
    143
    [​IMG]
    Kejadian sederhana dan umum ditemui oleh para penggemar komik dan animasi yang sudah beranjak remaja bahkan dewasa jika dilihat dari segi umur adalah pertanyaan konyol "Sudah besar kok masih nonton kartun/baca komik?". Ya, Konyol. meskipun digelar debat resmi tetapi jika kubu pro-kontranya tidak bisa terbuka dan melihat dari sudut pandang lawan hasilnya akan selalu kontra. Terlontarnya pertanyaan tersebut disebabkan oleh kemudahan akses informasi, tidak tertutup kemungkinan informasi tentang otaku, penggemar anime dan manga dalam level freak, yang menyebabkan seseorang cenderungan menarik diri dan menjadi antisosial, sialnya otaku dominan 'menjangkit' pengemar komik dan animasi usia remaja hingga dewasa. Sayangnya, kemudahan akses informasi ini hanya condong menyoroti sisi negatifnya. Antisipasi masyarakat terhadap otaku berujung penyamarataan pandangan bahwa penggemar animasi dan komik diusia remaja hingga dewasa, dalam hal ini penggemar produk-produk dari Jepang yaitu anime dan manga, merupakan salah satu tindakan yang keliru.

    Setidaknya penggemar anime dan manga disebut 'tidak dewasa' versi masyarakat dipengaruhi oleh dua hal. Pertama, blunder masyarakat bahwa film animasi 'khusus' anak-anak. Kedua, fakta bahwasanya usia remaja masuk dalam usia produktif.

    Bagi masyarakat dimanapun, Jepang ataupun Indonesia, usia produktif adalah usia ketika manusia mulai aktif bekerja dan mulai hidup mandiri. Jika menurut Undang-Undang Tenaga Kerja Indonesia usia produktif yaitu rentang usia antara 15 tahun sampai dengan 64 tahun, maka dapat diasumsikan pendapat umum mengenai "Sudah besar kok masih nonton kartun/baca komik?" dilatarbelakangi kekhawatiran masyarakat terhadap remaja dan pemuda penggemar anime dan manga tidaklah serius menyiapkan masa depan mereka. Namun jika benar latar belakang masalah ini berkaitan dengan kesiapan seputar menentukan langkah sebagai pribadi produktif maka pendapat tersebut salah. Pasalnya semenjak 2006 di bawah Department Perdagangan Republik Indonesia era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ekonomi Kreatif mulai diangkat dan Indonesia resmi mengakui bahwa industri-industri kreatif memiliki potensi yang setara dengan sektor industri lainnya.

    Ada setidaknya 6 enam bidang atau kegiatan berkaitan dengan Komik dan animasi yang termasuk dalam sub sector Industri Kreatif yang dipetakan oleh Departemen Perdagangan

    1. Komik
    [​IMG]
    Komik jelas termasuk dalam kegiatan penerbitan dan percetakan, kegiatan kreatif yang terkait dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.


    2. Animasi
    [​IMG]
    Animasi masuk dalam kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Pihak professional atau mereka yang bekerja dalam produksi sebuah film animasi

    3. Game
    [​IMG]
    Game atau permainan tercatat sebagai kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi

    4. Cosplay
    [​IMG]
    Cosplay terutama yang dikemas dalam stage play atau cabaret termasuk dalam seni pertunjukan dengan didukung konsep cerita, busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan. Namun, tanpa disadari penonton, cosplay sebenarnya tidak hanya masuk dalam sub sector seni pertunjukan saja. Dilihat dari sisi costume maka cosplay dapat dikategorikan dalam sub sector fashion sementara property dan assesoris pelengkapnya masuk dalam kategori kerajinan.

    5. Sculpting
    [​IMG]
    Sculpting mungkin kurang familiar kalangan kolektor figurine, namun jika disebut produknya berupa Nendo, Action Figure, atau bahkan Doll niscaya semua paham. Menurut peta sector Industri Kreatif di Indonesia, sculpting merupakan kegiatan kerajinan, kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya.

    6. Musik
    [​IMG]
    Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. Kegiatan seperti FanDubbing , Utaite dan voice meme termasuk dalam sub sector ini.

    Dengan demikian, ketika penggemar anime dan manga ikut menjadi pelaku Industri Kreatif sudah waktunya pertanyaan "Sudah besar kok masih nonton kartun/baca komik?" dicabut dari peredaran, ibarat Pak Bondan dapat bilang maknyus jika dia sudah mencoba langsung rasa Martabak Bangka demikian juga para pelaku Industri Kreatif di bidang Komik dan Animasi dapat meningkatkan karyanya dengan semakin banyak referensi.

    kutipan : wikia, ekonomi kreatif, industri ktreatif
    image : Eureiablog, wordy photo, asianbeat, pickgood, kebangsaan.org, tokyo otaku mode, beritasatu

    Pojok Opini, rublik khusus untuk diskusi dan berbagi pendapat
     
    Last edited: 1 April 2015
  2. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Sou, pantesan aja beberapa tahun belakangan ini banyak karya komikus2 lokal yg 'mejeng' di toko buku.
     
  3. hikikomorikun

    hikikomorikun at Your service, Staff Member

    379
    242
    143
    yap, thanks untuk ekonomi kreatif yang digalakan pemerintah,
     
  4. shelina

    shelina Member

    125
    42
    126
    Rasanya kayak ada motivasi "kamu juga harus mencoba seperti mereka yg melakukan industri kreatif. Jangan hanya menikmatinya saja."
    Kira-kira begitu..

    Ya, aku udah mulai mencoba beberapa sih.. :3
     
  5. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Hohoho menjadi penonton memang lebih mudah daripada menjadi pemain :D

    Dan inilah yang komunitas ini berusaha lakukan, menjadi pemain.

    Anda ingin menjadi pemain juga? Bergabunglah bersama kami! *iklan mode: ON*
     
    s4skiazh, Flame-kun and shelina like this.
  6. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Paman, aku akan selalu mengingat kata2mu dirapat waktu itu. Dan mencoba juga untuk menerapkannya. T^T
     
  7. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Kata-kata yang mana? @_@
     
  8. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    wah ternyata dr zaman sby udah ad toh, ya paling ngga, diurus lah walau mungkin (kalo dr IMO aja) masih kurang pelaksanaannya.
    http://prokum.esdm.go.id/inpres/2009/Inpres 6 2009.pdf
    banyak bgt instruksi yg dilakukan

    naaah masalahnya terhitung tahun 2009-2015
    akankah diperpanjang? dan apakah berubah? soalnya cmiiw kalo ga salah kategoiri industri kreatif presiden sekarang ga sebanyak sub kategori yg tercantum sih. tp mungkin memang mau difokuskan krn terlalu bnyk jg tidak visible-
    gitu sih kita lihat saja nanti :D
     
  9. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    "janganlah menjadi kaori" -Sheratan- 2015
     
  10. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Pokoknya ada lah. :v

    Bukan kok. Dan saya malah nggak tau Kaori itu sapa. :'v /duesh
     
  11. hikikomorikun

    hikikomorikun at Your service, Staff Member

    379
    242
    143
    tahun ini tentu ada harapan pemerintah lebih dukung industri kreatif, tahun ini dalam peringatan hari Film Nasional. beruntung sekali yang jadi duta nya dari bidang animasi MD Animation AYO NONTON FILM INDONESIA
     
    s4skiazh, shelina and seis_fleur like this.

Share This Page