Jadikanlah Buah sebagai Makanan Pembuka!

Discussion in 'Berita' started by fleurishana, 4 November 2011.

  1. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    --ahli pengobatan alami dengan sistem self healing

    Itulah kutipan dari salah satu artikel yang saya baca. Yap, kita tahu bahwa kebiasaan masyarakat yaitu hidangan penutup = buah . Padahal, alangkah lebih baik dan sehat terhadap tubuh kita jika Buahlah sebagai makanan pembuka kita. Mengapa?

    Hal itu dikarenakan buah mengandung gula sederhana yang tidak perlu dicerna. Oleh karenanya tidak menetap lama di dalam lambung. Makanan lainnya semisal yang banyak mengandung lemak, protein dan karbohidrat akan menetap di perut lebih lama karena memerlukan proses cerna yang lebih lama.

    Oleh sebab itu jika kita makan buah setelah makan, zat gula dari buah akan menetap lama di dalam pencernaan dan terjadi fermentasi. Ini yang menyebabkan mengapa orang sering mengalami masalah pencernaan jika makan buah dengan cara itu. Orang akhirnya menganggap bahwa karena buahlah penyebabnya dan menimbulkan semacam alergi.

    Banyak yang beranggapan bahwa makan buah sebelum makan akan menyebabkan sakit perut karena dianggap buah bersifat dan akan membentuk acid (asam). Hal itu justru kebalikannya, buah yang dimakan dan dicerna akan bersifat alkalin (basa) asalkan tidak bercampur dengan makanan lainnya.

    Ahli makanan sudah lama merekomendasikan bahwa makan buah sebaiknya tidak bersamaan dengan makanan lainnya. Mereka juga merekomendasikan makan buah melon tidak bersamaan dengan buah lain, dan hindarkan mencampukan buah yang rasanya masam dengan buah yang rasanya manis seperti pisang.

    Hal ini berlaku pula pada JUS. Jadi, memakan buah / meminum jus lebih efektif sebelum makanan berat atau bahkan kisaran 15-30menit sebelum makanan berat.


    Semoga bermanfaat =)

    Source
     
  2. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.727
    738
    248
    Saya kalau makan buah dulu baru makan nasi, ujung-ujungnya malah gak jadi makan. Wkwkwkwk
     
  3. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    ^bener =="
    lagian udah jadi kebiasaan , itu masalah dan salahnya .
     
  4. kirishima

    kirishima Member

    448
    38
    108
    waduh, "mitos" yang beredar dimasyarakat mah biasanya makan dulu. ditutup dengan buah...
    malah kalo makan buah dulu perut bisa sebah (?), itu knapa ya? :bingung:
     
  5. BiriBiri

    BiriBiri Member

    242
    31
    53
    klo mau yg bagus makan buah, setengah jam kemudian baru makan biasa... :facepalm:
     
  6. _Mukou

    _Mukou Retired Staff

    89
    8
    33
    daridulu jarang makan buah, emang gak suka buah sih. :muntah:
    Kalopun iya pas yang udah diolah jadi jus atau gak kue2 gitu~
     
  7. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    Mungkin karena makan buah yang banyak mengandung air kali...
    Jadi sebelum mkan nasi, udah kenyang duluan... :bijak:
     
  8. U-san

    U-san Member

    151
    0
    41
    kayaknya karena kita udah jadi kebiasaan deh makan buahnya itu belakagan..

    gimana klo buahnya jadi salad? jadi kita kan makannya duluan hehehe :D
     
  9. acchan

    acchan Member

    77
    2
    43
    bukannya buah emang gag boleh dikonsumsi sesudah makan yah?!

    makan buah sesudah makan bisa bikin perut penuh dengan air, jadi kalo kita langsung makan buah selesai makan, maka makanan yang udah kita makan bakal membusuk di dalam lambung karena enzim lebih memilih mengelola buah tersebut.. *kalo gag salah kayak gini* (ada baca di buku metode food combining)
     
  10. Lazybone

    Lazybone 宏実 ♡

    580
    14
    103
    sebelum makan saya makan buah... :teh:
    sehabis makan saya makan buah juga... :teh:

    tapi knp saat saya makan buah selalu diomelin?
    :bingung:

    "Makan buah kira2 itu bokap lu blom makan tau" from my Brother :teh:
     
  11. Kuro Nami

    Kuro Nami Unforgivable~

    1.257
    121
    133
    ^ karena makan buahnya gak kira2...
    masa' makan buahnya sesudah sama sebelum makan. Kn yang lainnya belum kebagian, makanya diomelin... :ckck:
     
  12. fleurishana

    fleurishana Staff Member

    1.530
    466
    253
    ga paham juga . habisnya banyak yg bilang justru kalau makan buah sebelum makanan berat itu ga baik. ntar hana browsing lagi alasannya
     
  13. KriosJúnior

    KriosJúnior Member

    36
    0
    36
    Kalo saya buah nya jadi makanan penutup~ :kenyang:
     

Share This Page