Introductionary Roleplay

Discussion in 'RP Discussion' started by darkro90, 18 January 2012.

  1. darkro90

    darkro90 The Perfect and Elegant Maid

    353
    29
    68
    Welcome to RP Haven
    Sebelum membaca atau memulai membuat thread/post, anda diharapkan untuk membaca peraturan umum dahulu demi kenyamanan bersama.

    Selamat datang di sub-forum Role Playing (RP), tempat dimana kreatifitas dan kesenangan bercampur. Thread ini berfungsi untuk
    memberikan peraturan dasar khusus untuk sub-forum RP dan juga beberapa panduan untuk melengkapi pengalaman ber-RP kamu.
    Beberapa informasi extra lain tentang RP akan ditambahkan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

    • Daftar Isi
      [anchor=a5 goto=a1]Kegunaan "OOC"[/anchor]
      [anchor=a6 goto=a2]Penulisan Kata[/anchor]
      [anchor=a7 goto=a3]Pesta Kreatifitas[/anchor]
      [anchor=a8 goto=a4]Mendetil[/anchor]
      [anchor=a9 goto=a5]Bersenang-senang[/anchor]
      Non Playable Characters (NPC's)


    [anchor=a1]Kegunaan "OOC"[/anchor]

    Saran pertama cukup simple; untuk memulai sebuah role-play dengan user lain, kamu harus memikirkan sebuah konsep dan ide suatu role-play dan membicarakannya dengan user yang berpastisipasi. Disinilah kegunaan thread "OOC" (Out Of Character) atau diskusi bersinar terang. Tanpa melalui thread "OOC" pun kamu bisa membicarakannya lewat PM, Guestbook, YM dan bahkan Facebook. Jika kamu tidak melakukan ini, kamu akan menghabiskan waktu bukannya untuk melanjutkan story role-playing, malah untuk berdebat tentang siapa yang kena pukul duluan, dll. Istilah OOC juga digunnakan oleh pemain untuk memberi pertanyaan pendek ke pemain lain di sebuah post game Roleplay.


    [anchor=a2]Penulisan Kata[/anchor]

    Walaupun sekilas terlihat tidak terlalu penting, faktor ini adalah salah satu elemen penting dalam role-playing. Sebagai contoh, orang-orang akan lebih mengerti dan nyaman untuk membaca "kamu, dia, saya, kami dan mereka" bukan dengan "lo, gw, kita dan dia-dia tuh." Tetapi, penulisan bisa berbeda karena tergantung preferensi user masing-masing dan TS (Thread Starter) itu sendiri, walaupun kesepakatan dan kenyamanan bersama harus tetap diutamakan.


    [anchor=a3]Pesta Kreatifitas[/anchor]

    Ya, pesta kreatifitas! terserah kamu mau membuat role-play dengan setting Angel Beats, Dissapearance Of Haruhi Suzumiya, bahkan berpatisipasi dalam Mirai Nikki dengan user-user forum A!, dan ini berlaku untuk user-user yang berpatisipasi juga. Ingat, walaupun kamu bisa role-play sesuka hatimu, kamu juga bisa mengabaikan sesuka hati. Jadi walaupun kamu bisa ber-role-play ria tentang betapa hebatnya pistol ataupun kekuatan karakter kamu, semua orang juga bisa mengabaikan kamu dan melakukan voting untuk mengeluarkan kamu dari role-play tersebut. Itulah kehebatan, dan juga keburukan "pesta kreatifitas",
    jadi berusahalah untuk tetap di jalur cerita dengan roleplaymu dan bekerja sama dengan user yang ber-roleplay bersama kamu.


    [anchor=a4]Mendetil[/anchor]

    Walaupun tidak terlalu penting, tetapi detil dapat membuat thread role-play mu lebih baik. Lebih detil thread role-play kamu, lebih menarik juga role-playmu untuk dibaca dan juga di enjoy. Tetapi, terlalu detil juga tidak baik, jadi roleplay yang imbang adalah solusi yang terbaik.

    [anchor=a5]Bersenang-senang[/anchor]


    Kadang, dalam bara kreatifitas dalam role-playing, kita dapat lupa poin penting dari role-play itu sendiri, yaitu bersenang-senang. Hal yang paling penting adalah bersenang-senang; jika kamu tidak bersenang-senang, maka kamu harus mencoba hal lain. Bosan dalam berpatisipasi di Full Metal Alchemist versi Akira? ikutlah dalam role-play Steins;Gate ala Akira! dengan itu, pasti kamu dapat bersenang-senang kembali dalam role-playing.
     
  2. darkro90

    darkro90 The Perfect and Elegant Maid

    353
    29
    68
    [anchor=a6]Non Playable Characters (NPC's)[/anchor]
    Tujuan mereka dan yang lainnya

    Seperti semua gamers yang berpengalaman tahu, NPCs adalah orang yang mempopulasikan sebuah dunia dalam sebuah game. Mereka adalah orang yang berada di jalan dan di toko, orang yang perlu bantuan, dan yang sering member informasi. Di semua skenario RP yang bagus, NPCs mempunyai kegunaan yang sangat diperlukan dan sebuah game RP biasanya tergantung pada mereka. Jika tidak seorangpun NPC di game Roleplaymu tidak menarik , maka game nya pun tidak akan menarik.

    Jika seorang TS dapat menggunakan NPC dengan sebaik mungkin, NPC tersebut dapat menjalankan story/cerita, membuat fondasi/background dari game RP itu tersebut, memberikan semua player RP tersebut informasi yang mereka butuhkan, menyemangati player RP yang sepertinya tidak semangat dalam RP tersebut, membuat halangan yang perlu untuk player RP yang terkesan liar dan berbahaya, dan bahkan menyediakkan lelucon yang dapat membuat seluruh player RP tertawa terbahak-bahak. Dengan kata lain, NPC yang baik dapat membuat game Roleplaymu lebih menarik.

    Walaupun mereka mempunyai peran yang sangat banyak seperti yang di katakan di atas, biasanya TS sebuah game Roleplay hanya "menggores" permukaannya saat seorang NPC yang menyenangkan dan terkesan hidup. Mengapa? karena beberapa orang berpikir bahwa membuat NPC memakan terlalu banyak waktu. Sementara yang lain berpikir bahwa itu tidak perlu dan mereka sendiri dapat membuat NPC yang lebih bagus dengan gampang. Faktanya, membuat NPC memang dapat dilakukan dengan cepat dan sederhana, tetapi akan membuat bosan pemain lain dikarenakan munculnya NPC dengan sifat dan kebiasaan yang sama terus-menerus.

    Satu solusi yang sangat biasa ditemukkan adalah untuk menentukkan apa yang diperlukkan dan membuat NPC dengan sifat yang acak. Kita dapat membuat NPC dengan pandangan politisi yang lain, kepribadian yang lain, reputasi yang lain, dan bahkan pandangan terhadap hidup yang berbeda. Tetapi itu tidak cukup, NPC perlu lebih dari sebuah karakter-sampingan yang berdimensi 2. Mereka harus dapat di kenal dan "realistis". Jadi, bagaimana kita dapat membuatnya?

    Yang pasti, elemen pertama yang dilihat adalah tipe dari game Roleplay yang sedang kamu jalankan. NPC yang diciptakan harus menambahkan sesuatu ke dalam genre tersebut, bukan menghilangkannya. Jika kamu menjalankan game Roleplay yang "ringan" dan menyenangkan, NPC yang humoris dan lucu adalah yang terbaik untuk game Roleplay tersebut, bukan yang serius dan kaku. Jika kamu menjalankan game Roleplay yang bersetting di jaman pertengahan, maka kebanyakkan NPC bagusnya tidak "serba-menahu" dan pintar.

    Setelah itu, kamu juga perlu untuk menentukkan siapa yang biasanya ada di tempat setting game Roleplay yang kamu buat. Di sebuah kota abad pertengahan, kamu pastinya membutuhkan NPC yang menempa pedang, mengurusi kuda-kuda, dan bertani. Pastinya ada seorang bartender di sebuah bar yang memberi sebuah quest untuk para pemain Roleplay untuk menciptakan jalur cerita/plot, dan penjaga yang senantiasa menjaga kota dan menangkap penjahat. Ide yang dasarnya adalah untuk memikirkan NPC mana yang cocok bertugas di mana untuk membuat setting game Roleplaymu berperan besar. Mereka membuat setting Roleplaymu tidak bergantung terhadap player Roleplay itu sendiri. Hanya dengan membuat NPC melakukan tugasnya dengan baik akan memberikan kesan yang baik untuk game Roleplaymu.

    Oke, tahap selanjutnya adalah untuk menentukkan informasi apa yang diketahui oleh seorang NPC tentang petualangan itu sendiri. Dan sangat penting untuk berhati-hati disini, karena NPC tidak ada hanya untuk membantu player-player game Roleplay tersebut. Mereka ada karena setiap cerita butuh mereka ada. Beberapa mungkin membantu para player itu sendiri, beberapa mungkin menghalangi mereka, dan bahkan membuat gangguan. Beberapa juga hanya ada untuk membuat situasi yang membuat para player harus ber-negosiasi dengan keadaan tersebut.

    Jika kamu ingin membuat seorang NPC yang berguna maka pikirlah batas kegunaan mereka. Setiap NPC harus mempunyai batas kemampuan dari keahlian dan pengetahuan mereka. Untuk contoh, seorang anak sekolah tau lingkungan sekitarnya karena dia hidup sehari-hari disana, dan dapat memberi tahu kamu tentang lingkungan tersebut. Tetapi, anak kecil itu tidak mungkin dapat memberi tahu kamu bagaimana cara untuk membunuh orang secara pelan-pelan dan menjual berbagai macam senjata yang mematikkan.

    Semua ini hanyalah langkah-langkah awal untuk menentukkan NPC apa yang akan muncul di petualanganmu. Sebenernya, poin dari ini semua adalah mereka, para NPC tidak perlu menjadi seorang badut yang bisa kamu pakaikan kostum baru.

    Usahakan NPC yang kamu buat ada untuk menjadi lebih dari sebuah bumbu-bumbu RP atau memberikkan pemain beberapa petunjuk dan arah. Dengan kata lain, berikan tugas kepada mereka. Jika NPC tersebut berperan penting dalam game Roleplaymu maka buatlah dia lebih kompleks dengan segala pandangan dia terhadap kehidupan dalam game Roleplaymu itu sendiri. Sebagai contoh, seorang NPC penting yang berprofesi sebagai pembunuh yang mempunyai hobi bermain boneka mungkin akan menggunakan kalimat yang berhubungan dengan boneka. Latar belakang seperti ini, jika digunakan dengan baik, dapat memberikan sebuah jalan untuk para player untuk menghubungkan mereka dengan dia (NPC tersebut) sendiri, seperti membuat dia senang, atau marah (mungkin karena kesalahan salah satu player yang bercanda tentang hobi NPC tersebut).

    Latar belakang juga bisa menjadi motif. Jika NPC itu mempunyai dendam dengan seseorang, NPC tersebut dapat membuat para player menjalani petualangan yang berhubungan dengan dendam NPC itu sendiri, sebagai sub-plot dalam cerita game Roleplaymu itu sendiri.

    Kepribadian
    Kita semua mempunyai kebiasaan untuk membuat karakter kita sendiri dengan kepribadian yang "biasa". Kita mempunyai kepribadian "ksatria" yang melakukan semua tugas dengan baik, "putri" yang selalu kelihatan marah dengan apapun (atau bisa disebut, "tsundere".) dan yang lebih parahnya lagi, banyak NPC yang mempunyai kepribadian yang sama dengan karaktermu sendiri. Kita semua mungkin pernah mengalami kejadian lucu, yaitu dimana seorang NPC bertingkah laku sama seperti karakter kita sendiri. Bagaimana kalau memberikkan NPCmu itu dengna kepribadian yang benar-benar kompleks? kepribadian masing-masing orang berubah tergantung mood mereka itu sendiri, yang berubah juga dengan keadaan yang mereka alami saat-saat itu juga. Kepribadian mereka juga tergantung dengan apa yang mereka hargai dan yang mereka tidak sukai. Seseorang yang sering bermain poker, yang berpikir kompetisi itu menarik dan suka memilih pihak akan bertingkah laku beda dengan seseorang yang tidak suka bermain poker, membenci konflik dan mencoba untuk mengambil langkah yang masuk akal. Jadi sangat penting untuk memperhatikan mood dan kepribadian seorang NPC.

    Satu cara yang bagus untuk mengadakan suatu kepribadian ke seorang NPC adalah dengan mendasarkan kepribadiannya dengan orang yang kita ketahui. Di catatan mu, di sebelah nama NPCmu tambahkan nama orang yang kamu dasarkan kepribadiannya dengan NPCmu itu tersebut. Dengan ini, kamu bisa mengetahui sifat NPC kamu itu sendiri karena kamu mendasarkan mereka dengan orang-orang yang kamu kenal di kehidupan nyata, dan tidak selalu menjadi klon dari kepribadian kamu sendiri.

    Interaksi
    Ini mungkin bisa menjadi penentu hidup dan mati dalam cara pemeranan NPCmu. Jika kamu membuat NPCmu duduk-duduk saja, tidak berinteraksi dengan apapun, maka dia juga bisa menjadi boneka yang sering menjadi pajangan di toko-toko baju dengan cara interaksi seperti itu. Banyak TS RP yang menciptakan banyak NPC, tetapi hanya beberapa yang berinteraksi banyak, sedangkan yang lain hanya seperti furniture di sebuah rumah.

    Jika semua cara tidak dapat berhasil dalam memajukkan kamu dari langkah ini, kamu bisa membuat NPCmu berinteraksi dengan objek yang berada di sekitarnya. Seorang NPC berkacamata dapat mengelap kacamatanya dengan baju dan mendapatinya lebih kotor, seorang maniak mengambil pisau dan melempar-lemparkannya ke langit, dan yang lainnya yang pastinya dapat menggambarkan sebuah makhluk hidup. Ini tidak memerlukan banyak text, dan dapat memberikan tekstur ke sebuah situasi/keadaan.

    Tentu saja, yang paling bagus adalah berinteraksi dengan para karakter yang dibuat oleh para player dan NPC lain. Tidak hanya NPC penting yang harus melakukan ini.

    Saat NPC berinteraksi dengan para karakter utama (yang dibuat oleh para player RP lain), maka bagaimana para karakter utama itu berinteraksi dengan NPC tersebut dapat mengubah informasi apa dan bantuan yang mereka berikan. Roleplaying mempunyai tujuan dan jika mereka akan di berikan informasi dan bantuan yang sama tanpa memperhatikkan apa/bagaimana mereka melakukan roleplay maka roleplaying tidak ada artinya. Roleplaying dengan buruk dapat berujung ke informasi yang lebih sedikit, atau informasi yang buruk. Memberikan dua informasi buruk dan bagus kepada para player dapat memberikan kita peluang untuk melihat bagaimana dan berapa banyak kemampuan yang mereka miliki untuk bekerja sebagai tim untuk mempersatukkan semua petunjuk ke sebuah konklusi. Dan juga, seluruh keadaan yang sedang berjalan menjadi hidup dengan story/plot yang sudah direncanakan dan akan berujung ke kepuasan kita sendiri terhadap bagaimana kita dapat membuat cerita yang sukses dan beraturan dengan batik.

    Mempersatukkan semua sifat ini dapat membuat sebuah keadaan/cerita/adegan yang lebih "real". Tambahkan "plot twist" kamu sendiri, beberapa intrik dan petualangan kamu akan berjalan sebagai petualangan yang seharusnya: menyenangkan.
     
  3. darkro90

    darkro90 The Perfect and Elegant Maid

    353
    29
    68
    Reserved for future updates and info
     

Share This Page