Diskusi Cerita gagal Sheratan

Discussion in 'Tulisan' started by Sheratan, 25 December 2015.

  1. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Gw ada sebuah cerita. Sederhana... tapi komplex juga. Timeline nya masih ada beberapa plothole, tapi cerita secara umum termasuk ending udah kepikiran. Gw tulis semua disini karena butuh bantuan plothole termasuk penulisan ending secara umum. Bagi yang pengin bantu silahkan baca spoilernya:

    Secara umum bercerita tentang seorang pria yang "terjebak" dan berusaha keluar dari jebakan tersebut.

    Kita sebut si pria ini andi saja biar gampang :v Seperti biasa, anak sma, gak ada yang istimewa. Bukan orang pintar, muka biasa, nilai wajar, rada malas, ekonomi rendah, ke sekolah naik sepeda, kelas 1, punya adik perempuan, smp, nama lia

    Tapi sebelum itu kita mundur ke 10 tahun.

    SMA yang sama dengan SMA andi, ada seorang pria dari sebuah eskur, sebut eskur A. tengah malam, dia berlari di sekolah sambil membawa sebuah cermin, ketakutan, ngumpet, di kejar seseorang, tapi ya akhirnya gagal dan dia mati

    10 tahun kemudian ke era si andi, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya blablabla si andi berangkat naik sepeda pada suatu hari dan hari itu hampir ketabrak mobil, selamat, lanjut jalan, andi punya teman dekat sejak sd, sebut aja budi, beda kelas, blablabla nongkrong. besoknya ada siswa baru di kelas budi, sebut aja siti. siti ini cakep pinter dan anak dari kepsek sekolah itu blablabla intinya macam cewek utama lah. budi kenalin siti ke andi blablabla tapi andi karena orang yang cuek jadi gak terlalu peduli dan dekat juga sih.

    "Aku tidak suka orang yang sempurna. Setiap yang sempurna memiliki bayaran mahal"

    si andi ini suka main game dan komputer, nah budi lalu cerita soal kejadian 10 tahun yang lalu (yang udah jadi mitos di anak2 sekolah ke siti dan siti tertarik, singkat cerita dengan koneksi bapak kepsek siti pun mengajukan agar eskur a dibuka lagi, eskur pun boleh di buka dengan 1 syarat, ada ketua, sekretaris dan bendahara. siti mengajak andi jadi anggotanya dengan iming2 membebaskan bayaran sekolah andi dan lia, andi tertarik, dia ikut, kurang 1 orang, andi ajak teman sebangkutnya, cewek namanya lilis.

    karena eskur nya di bubarin 10 tahun yang lalu maka ruang eskur itu tertutup selama 10 tahun, ketika di buka kunci pintunya sama andi bersama siti dan lilis, isinya debu semua, ketika beres-beres mereka menemukan sebuah pc kecil, di bersihkanlah pc itu dan coba di nyalakan dan walah nyala. Isinya dos. Ketika di cek si andi kaget.

    "Ini mustahil"
    "Mustahil karena kita bisa menyalakan PC tua?"
    "Bukan, karena prosessor yang dipakai di PC ini, tidak ada 10 tahun yang lalu"
    "Maksudnya?"
    "Maksudnya adalah, ruangan ini terkunci selama 10 tahun dan kita orang pertama yang masuk setelah di kunci 10 tahun yang lalu. Bagaimana bisa teknologi yang belum ada 10 tahun yang lalu ada disini?"

    Andi lalu mencopot hardisk komputer itu dan dibawa ke rumah blablabla dia cek isinya gak ada yang aneh kecuali ada 1 folder yang gak bisa dia akses, hari berlalu... fast forward... akhirnya si andi bisa buka folder itu yang isinya 3 buah gambar, sebuah cermin, sebuah jam tangan, dan sebuah pisau. Andi kasih tahu siti dan lilis lalu dia bawa hdd itu ke sekolahnya buat di kasih tunjuk ke lilis dan siti, namun lilis tidak masuk hari ini blablabla jam istirahat blablabla pulang sekolah saat lagi di ruangan eskur andi dapat telepon. Adiknya lia di culik seseorang dan dia dapat pesan harus bawa hdd itu ke sekolah malam ini jam 12 di lapangan, tanpa polisi

    andi dan siti pun nginep di sekolah dan di jam 12 malam mereka ke lapangan sekolah, mereka melihat lia jalan masuk ke sekolah itu dan berdiri meminta hdd, saat hdd nya mau di kasih siti mencegah

    "Bagaimana kalau kau keluar dan mengakhiri semua sandiwara ini?"

    ternyata si lia di kendalikan secara tidak sadar oleh... lilis dan budi. Lilis dan budi mengancam akan membunuh lia kalau andi tidak memberikan hdd tersebut. saat akan terjadi pertukaran, siti melawan, dia mengeluarkan pedang (bingung entah dari mana? akan di jelaskan di kemudian) lalu melemparnya ke si budi, si budi menghindari blablabla dor dor tebas-tebas dan budi berhasil mengambil hdd nya dan tetap membawa lia. Andi marah, bingung, menuntut penjelasan dari siti
     
    seis_fleur likes this.
  2. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    siti akhirnya menjelaskan semuanya, dia adalah anggota dari sebuah organisasi, sebut saja penjaga waktu. tugasnya adalah memastikan tidak ada yang melakukan perlintasan waktu secara ilegal termasuk mengubah berusaha mengubah nasib, budi dan lilis adalah teroris yang sering melakukan lintas waktu ilegal dan mengubah berbagai hal sehingga bisa merusak dunia, mengurut keterangan siti

    siti berkata kalau ia mendekati andi adalah kesengajaan karena hanya andi yang bisa membuka isi dari hdd tersebut, tapi dia tidak menyangka kalau lilis dan budi adalah teroris, siti berkata akan membantu andi menemukan lia karena dimana ada lia disitu ada hdd yang dicari

    dan untuk membantu menemukan lia andi dan siti berburu teroris tapi dengan bantuan teman siti, anak baru pun datang ke sekolah itu, namanya roni dan mirza, mereka adalah orang yang sama seperti siti, dan disini cerita diisi andi kejar-kejara berburu teroris di akhir pekan.

    kalian pasti berpikir soal tugas sekolah ya?

    jadi begini, siti ternyata bukan anak remaja, walau dia, roni dan mirza terlihat seperti anak remaja biasa namun usia mereka jauh diatas itu. Ini disebabkan oleh kegiatan mereka yang sering melintas waktu dan dimensi serta tempat dimana organisasi tersebut berpusat adalah dimensi tetap, dimana waktu nyaris tidak berlaku disitu.

    "Setiap dimensi berjalan pada waktu yang nyaris sama, hanya berbeda 30 detik. Jadi waktu di dimensi setelah ini 30 detik lebih cepat dari dimensi sekarang. Dan dimensi setelah dimensi ini lebih lambat dari dimensi setelahnya. Semua berlanjut hingga dimensi akhir."

    ++++
    Dimensi A (0) - Dimensi B (30) - Dimensi C (+30 dari B) - Dimensi D (+30 dari C)
    Total dari A
    A = 0
    B = 30
    C = 60 dari A
    D = 90 dari A
    dst
    ++++

    "Bagaimana kalian melakukan perlintasan?"

    "Seperti ini," Mirza menjelaskan pertanyaanku dengan mengambil sebuah kertas dan menggambar garis lurus di kertas tersebut. "Anggap lah ujung garis disini adalah dimensi dengan waktu terjauh, tahun terjauh, dan ujung satunya" katanya sambil membuat lingkaran di ujung garis lainnya "adalah dimensi sekarang, terakhir, tempat kita berada. Dan artinya, aliran waktu adalah seperti ini" lanjutnya sambil menggambar arah panah dari ujung dengan lingkaran ke ujung lain.

    "Perlintasan waktu adalah seperti ini"

    Mirza menekuk kertas, membuat lingkaran hingga kedua ujung bertemu. "Bagaimana cara kami yang ada di ujung terjauh pergi ke dimensi manapun? Jika kami mundur maka kami melawan garis waktu, tidak mustahil namun sangat tidak direkomendasikan karena dapat merusak waktu. Kami melakukannya dengan cara pergi ke dimensi ini, dimensi terakhir, lalu melakukan loncatan ke dimensi berikutnya mengikuti garis waktu."

    Code:
    A<<<<<<< Z
    V        ^
    V        ^
    A >>>>>>>Z
    Jadi jelas siti roni dan mirza punya pengalaman dan pengetahuan jauh lebih baik dari andi dan mereka membantu andi menyelesaikan tugasnya

    "Saat melakukan perlintasan, tidak boleh ada satupun objek dari dimensi sebelumnya yang terbawa, kecuali dari dimensi organisasi tersebut berada karena itu dimensi tetap."

    Jadi cara aman melintasi dimensi adalah, dari A pergi ke dimensi tetap, tukar baju dari dimensi A ke dimensi tetap, pergi ke dimensi B. Buat pulang lakukan hal sebaliknya. Hanya ada 1 hal yang boleh dibawa, yaitu pedang yang dibuat khusus untuk para penjaga waktu.

    Para penjaga tidak boleh menggunakan senjata api atau kalau ingin menggunakannya, hanya boleh menggunakan senjata api yang berasal dari dimensi tersebut. Jika dari dimensi lain maka dapat merusak waktu dan dimensi. Senjata api dari dimensi tetap pun dapat merusak. Kenapa? Pistol nya mungkin bisa dibawa balik, tapi pelurunya?

    TLDR, satu-satunya objek yang boleh dibawa lintas dimensi hanya pedang/pisau khusus milik penjaga waktu.

    Dan demi operasi, para penjaga tidak perlu membawa senjata mereka kemana-mana. Mereka dapat memanggilnya dari dimensi tetap ke dimensi manapun tempat dia berada dan mengembalikannya lagi.

    Singkat cerita, akhirnya mereka dapat ketemu markas teroris nya walau bukan markas utama. Mereka masuk, acak-acak, ketangkap, dan mereka dihadapkan pada beberapa fakta:

    lia ternyata sehat
    lilis dan budi menangkap lia dan mengambil hdd tersebut karena perintah dari petinggi terorisnya, seseorang yang andi kenal baik. Sangaaaattt baiiikk.

    Tidak lain adalah si Andi sendiri dari dimensi lain!

    Alasan mereka menangkap lia adalah agar andi menemui andi teroris dan andi teroris menjelaskan, kalau siti, roni dan mirza lah yang jahat

    "Bertindak seperti Tuhan, mereka dengan bebasnya menentukan siapa yang dapat mati dan hidup. Siapa mereka? Apa hak mereka atas waktu dan dunia yang sudah diciptakan olehNya?"

    "Tapi kalian merusak waktu! Kalian pergi dan merusak apa yang sudah di takdirkan Tuhan, menyelamatkan orang yang harusnya mati dan sudah mati di dimensi sebelumnya!"

    "HAHAHA, naif. Sangat naif. Tahu apa kamu tentang takdir? Apa kamu yakin bahwa ia memang sudah ditakdirkan mati? Apa kamu tidak berpikir, bahwa mungkin ia memang belum saatnya mati dan kami adalah tanganNya untuk melaksanakan takdir itu?"

    Andi galau. Dia bingung dengan siapa harusnya dia memihak.

    "Biarkan aku memberitahukan sebuah rahasia. Kau tahu apa yang terjadi di sekolahmu, 10 tahun yang lalu? Mereka tidak hilang. Mereka dibunuh. Dibunuh karena mereka menemukan cara untuk melintasi dimensi tanpa izin dan mengambil barang dari dimensi lain yang seharusnya tidak ada di dimensi itu. Benar... komputer itu. Dan siapa yang menghabisi mereka satu persatu dan menghilangkan tubuhnya?"

    "Aku... tidak tahu"

    "Orang dibelakangmu. Wanita dengan kacamata itu, sang penghilang jejak, malaikat maut, Asella Austraa"
     
    seis_fleur likes this.
  3. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    siti, roni dan lilis ditangkap. Andi diajak keliling sama andi teroris di markas tersebut, menjelaskan tentang perlintasan

    "Mereka dibunuh karena mereka mengambil sebuah cermin, cermin yang biasa digunakan oleh penjaga waktu untuk melintasi waktu. Cermin tersebut adalah milik temanmu, siti."

    Singkatnya... 10 tahun yang lalu siti dalam sebuah misi. Dia pergi ke dimensi tempat andi berada dan menyelesaikan misi itu, tapi tanpa disangka alat yang digunakan siti untuk melintas hilang dan ditemukan tidak sengaja oleh seorang siswa, sebut ardi. Ardi lalu sadar kalau cermin itu bukan cermin normal, kenapa? Karena pantulan yang ada di cermin itu selalu lebih lambat 30 detik...

    "Pernahkan kamu merasa saat menatap cermin, kamu menatap seseorang yang bukan dirimu? wajahnya, tubuhnya, matanya mungkin sama dengan dirimu tapi terasa bukan dirimu? Kamu sedang menatap dirimu di dimensi yang lain. Dan saat kau berhenti menatapnya, kadang kau merasa, ada sesuatu yang dilupakan. Dilewatkan."

    Bagaimana seorang penjaga melintasi dimensi? Iaa bertukar dengan dirinya di dimensi itu. Ia melakukannya saat orang tukarannya menatap cermin. Orang yang ditukar lalu berada di dimensi tetap, dibekukan waktu atas dirinya, lalu sang penjaga melakukan tugasnya. Saat sudah selesai, di tukar kembali, di buka beku tersebut, di dudukkan orang itu di posisi yang sama seperti sebelumnya.

    Dari mana deja vu berasal? Kamu sedang mengingat apa yang dirimu versi penjaga lihat dan rasakan. "Kayaknya gw pernah inget/liat/bikin/lakukan ini deh" iya yang lakukan itu dirimu versi penjaga.

    Dan karena perbadaan antar dimensi hanya 30 detik, maka sang penjaga hanya memiliki waktu 30 detik untuk melakukan misinya.

    "Dan kami berhasil melewati masalah tersebut. Kami berhasil memecahkan limitasi 30 detik. Kami berhasil melakukan perlintasan dimensi melebihi 30 detik, bahkan berhari-hari hingga tahunan. Kami berhasil mengganti orang yang seharusnya mati di dimensi A, dengan orang yang masih hidup dari dimensi B, atas permintaan keluarganya. Dan orang tersebut, ia tidak tahu kalau ia sudah berada di dimensi yang berbeda dari tempat dia berasal!"

    "Atau menolong orang yang sudah kecelakaan di dimensi A, dengan pergi ke dimensi B dan menyelamatkannya dari kecelakaan yang sama..."

    Andi makin galau.

    "Kami membuat sebuah jam tangan, yang dimana selama menggunakan jam tangan tersebut kamu bisa melewati limit 30 detik selamanya."

    singkat cerita saat lagi ngobrol siti dkk berhasil lolos dan membuat kekacauan. Mereka pun berusaha merebut jam tersebut, jam yang sedang dipakai oleh andi teroris. meledak sana sini blablabla dor dor. Andi teroris terluka dan sekarat, dia pun memberikan jam tersebut ke andi dan berkata "selamatkan dunia ini" Andi melihat sendiri bagaimana siti dkk menghabisi para teroris, andi mencegah siti dkk saat akan menghabisi lia tapi ternyata lia tetap mati ditembak. andi marah. dia lari, kejar-kejaran, andi lalu diselamatkan oleh seorang perempuan anggota teroris buat masuk ke sebuah gerbang, lari menyelamatkan diri ke dimensi lain...
     
    seis_fleur likes this.
  4. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    saya harus komentar apa??
     
  5. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    timeline, ide cerita, plothole?
     
  6. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    saya suka sama cerita yang rumit dan kompleks. itu nunjukin kehebatan penulisnya sendiri. cerita yang penuh plottwist, two-side coin, dan time-paradox seperti ini menurut saya cukup sulit dibuat. tapi sejauh ini ide kak andi masih bisa dikembangin.

    dari yang terakhir kak andi tulis, berarti cerita bakal lanjut dengan andi yang sekarang bergabung dengan teroris dan melawan organisasi, entah bagaimana caranya. oh iya, di paragraf akhir lia mati ditembak? saya kita gak ada yang bakal bawa pistol. kalau menurut saya penjaga dimensi bisa aja bawa pistol, tapi pistol laser yang nggak memakai peluru solid. kasihan soalnya kalau mereka swordman melee semua.

    juga alasan teroris yang membenci organisasi hanya karena mereka seolah-olah melawan takdir Tuhan itu terlalu berlebihan. rasanya kayak si teroris ini kumpulan orang-orang yang terlalu keTuhanisme. coba tambahkan alasan lain misal, menurut mereka penjaga waktu hanyalah kumpulan penculik dan pembunuh.

    penjaga waktu menganggap diri mereka penyelamat tapi sebenarnya yang mereka selamatkan hanyalah orang-orang di titik tertentu sedangkan di titik waktu yang lain mereka tetap mati. bahkan penjaga waktu juga tidak segan menculik orang dari satu dimensi untuk dikirim ke dimensi lain atas permintaan. karena pada akhirnya, mereka tetap membutuhkan uang untuk menjaga operasional organisasi. penjaga waktu juga tidak segan untuk membunuh orang-orang yang mengetahui rahasia mereka atau yang mencoba menghalangi mereka karena menurut mereka, membunuh seseorang tidak benar-benar melenyapkan orang tersebut. orang tersebut hanya tidak ada di dimensi itu lagi tapi mereka masih ada di dimensi lain.

    anggota-anggota teroris juga merupakan kumpulan orang-orang yang menjadi buronan penjaga waktu. tujuan utama teroris adalah untuk menghentikan segala perjalanan waktu. cara pertama adalah dengan menutup akses menuju dimensi tetap. cara kedua adalah dengan mengetahui rahasia dari mesin waktu, mungkin mereka akan menemukan caranya. dan mereka percaya ada petunjuk di dalam hdd yang andi temukan.

    mungkin lebih cocok kalau teroris ini disebut pasukan pemberontak.

    saya mau tanya dulu
    - karena ada dua sisi yang saling bertentangan, apa kak andi mau membuat ending dimana akhirnya salah satunya menang? atau dua-duanya kalah? atau ending ketiga?
    - apakah andi ini merupakan tokoh penting bagi teroris maupun penjaga waktu, yang membuat mereka enggan membunuh andi?
    - bagaimana cara teroris mengendalikan seseorang tanpa sadar?? (liat kasus lilis dan budi)
     
  7. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    Isi hdd nya cuman gambar item2 penting aja kah? Masih ga ngeh kenapa pc sama hdd nya "ditinggal" gitu, apa ane yg kelewat sesuatu?
     
  8. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Lupakan post deji diatas, dia kebalik antara teroris dengan penjaga.

    Iya isinya cuman 3 gambar itu. Kenapa PC dan HDD nya ditinggal aja? Ardi lebih memilih cermin karena kalau hdd dan pc hilang tapi ada cermin, ardi bisa terus pergi kemana saja mendapatkan apa yang dia inginkan. Menggantikan pc dan hdd nya.

    dan yeah dikau kelewat pas gw cerita di skype :D
     
  9. seis_fleur

    seis_fleur nomor absen 12 Staff Member

    2.118
    705
    258
    Iya kan pc dan hdd punya ardi, okelah dia pny pc dan hdd, tp menurut ane aneh kalo folder tersembunyinya isinya cuman foto2 item? Buat apa gitu.

    Wah curang, jelasin di sini juga lah
     
  10. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Buat apa? pirates of carriben, si jack mengarungi laut melawan bahaya cuman buat mendapatkan kain bergambar kunci, bukan kuncinya. Kainnya doang. Buat apa gitu? :D
     
  11. Dejiko

    Dejiko 6 years old Staff Member

    2.326
    547
    253
    karena informasi suatu benda terkadang lebih berharga dari benda itu sendiri
     
  12. septaaa

    septaaa health & brainy is sexy! Staff Member

    70
    21
    108
    Ano.... Kok septa jadi tegang gini bacanya... septa pikir tadi horor--lalu action--jangan bilang nanti jadi gore? Well, plothole--ya..... emm saya sendiri masih bingung kenapa lilis? dan kenapa budi? mereka beda kelas kan? ku kira kalau mau sekongkol karena penasaran sama hdd tersebut, sebaiknya dari awal si karakter lilis ini teman budi yang lain yang naksir sama si andi. Oh...atau budi yg sebenarnya ngarang cerita semua itu? pada dasarnya tidak ada pembunuhan, dan eskul itu emang udh lama tak ada peminat, jadi budi nyoba memanipulasi keadaan dan bercerita? yah. kalau endingnya mungkin lebih asyik kalau dibuat gore, budi si yandere, dan andi yang bakal jadi hero-nya.

    ahhh entahlah. cuma itu yang bisa septa katakan :siul: semangat nulisnya nii-chan!:D:rofl::teh:
     
  13. Sheratan

    Sheratan Parental Advisory Staff Member Uploader Donatur Event Winner VN Development Team Masa Latihan

    3.728
    738
    248
    Kalau bicara soal romance nya di masukkan, terutama romance siti - andi tapi di dimensi yang berbeda. untuk horror sepertinya sulit, tapi untuk gore bisa terutama siti yang akhirnya menyerah, down dan mental nya hancur jadi dia nothing to lose
     

Share This Page